Mengaku Bukan Pendukung Loyal, FPI Sentil Kebijakan Anies Baswedan

FPI sebut jalur khusus sepeda tidak pro rakyat kecil

Jakarta, IDN Times - Front Pembela Islam (FPI) yang diidentikkan sebagai organisasi masyarakat (ormas) utama pendukung Anies Baswedan, memberikan evaluasi terhadap hasil kerja Gubernur DKI Jakarta.

Dengan adanya evaluasi ini, Juru Bicara FPI Munarman tak sepakat dengan anggapan publik yang menyebut FPI merupakan pendukung loyal Anies.

Baca Juga: FPI Enggan Perpanjang Izin Organisasi, Istana: Terserah Dia

1. Jalur khusus sepeda dinilai tidak pro rakyat kecil

Mengaku Bukan Pendukung Loyal, FPI Sentil Kebijakan Anies BaswedanJalur sepeda dijajah pemotor akibat jalan depan Balai Kota Jakarta jadi parkiran Reuni 212, Aryodamar/IDN Times

Bukan tanpa sebab, Munarman menilai kebijakan Anies tidak pro terhadap rakyat kecil. Misalnya dengan membuat jalur khusus sepeda di sejumlah ruas jalan protokol Ibu Kota.

"Gak ada rakyat kecil naik sepeda. Gak ada kami lihat sepeda ontel di jalan seperti dahulu kala. Yang kita lihat di jalan justru sepeda-sepeda mahal yang harganya Rp40 juta-an," kata Munarman di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (31/12).

2. Rakyat kecil lebih cenderung menggunakan kendaraan pribadi

Mengaku Bukan Pendukung Loyal, FPI Sentil Kebijakan Anies BaswedanPelanggar di jalur sepeda (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Menurutnya, saat ini rakyat kecil lebih cenderung menggunakan kendaraan pribadi ketimbang sepeda yang harganya di luar kemampuan sebagian besar rakyat.

"Jadi kebijakan ini untuk siapa? Kebijakan ini kan hanya memfasilitasi hobi, bukan permasalahan rakyat kecil yang mayoritas ada di Jakarta," ujarnya.

3. FPI juga soroti pelebaran jalur pedestrian yang dilakukan Anies

Mengaku Bukan Pendukung Loyal, FPI Sentil Kebijakan Anies BaswedanIDN Times/Gregorius Aryodamar

Selain jalur khusus sepeda, kebijakan Anies lainnya yang ikut disorot FPI adalah pelebaran jalur pedestrian. Menurut Munarman, jalan kaki bukanlah budaya rakyat Indonesia.

“Indonesia punya iklim yang berbeda dengan Eropa yang sejuk dan dingin. Kalau kita di Indonesia ini jalan saja satu kilometer, sampai di kantor berkeringat. Orang justru kebauan. Ini kan tidak sehat," tuturnya.

4. Kebijakan Anies harusnya pro rakyat kecil seperti membangun rumah dan meningkatkan fasilitas kesehatan

Mengaku Bukan Pendukung Loyal, FPI Sentil Kebijakan Anies BaswedanIDN Times / Auriga Agustina

Seharusnya, lanjut Munarman, Anies lebih memperhatikan lagi persoalan-persoalan yang muncul di tengah kehidupan rakyat kecil. Misalnya membuat rumah atau bantuan kesehatan yang memadai.

“Anies harusnya memperhatikan hal ini," Munarman menambahkan.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Anies Baswedan Bantah Marco Kusumawijaya Mundur dari TGUPP

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya