Comscore Tracker

Partai Berkarya Dukung KPK Usut Kasus yang Menyeret Priyo Budi Santoso

Dua kadernya terlibat dalam kasus korupsi pengadaan Alquran

Jakarta, IDN Times - Dewan Pengurus Pusat Partai Berkarya menegaskan bahwa pihaknya mendukung KPK untuk segera mengusut dua kadernya yang disebut ikut terlibat dalam kasus korupsi pengadaan Alquran.

Mereka adalah Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso dan Ketua DPP Vasco Ruseimy.

1. Partai Berkarya dukung KPK untuk periksa dua kadernya

Partai Berkarya Dukung KPK Usut Kasus yang Menyeret Priyo Budi SantosoKetua DPP Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Ketua DPP Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang mengatakan seluruh DPP akan berkonslutasi dengan Ketua Umum Tommy Soeharto mengenai hal tersebut dalam beberapa hari ke depan

“Saya bersama beberapa teman sangat mensupport teman-teman di KPK untuk kasus ini dituntaskan, apabila sekjen kami terlibat, salah satu ketua kami disebut namanya,” kata Andi di Kantor DPP Partai Berkarya, Jalan Antasari, Jakarta Selatan, Jumat (24/1).

2. KPK diminta untuk cepat selesaikan kasus tersebut

Partai Berkarya Dukung KPK Usut Kasus yang Menyeret Priyo Budi SantosoSekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Dukungan tersebut diberikan agar KPK dapat dengan cepat memeriksa dan memberikan status kepada keduanya, baik menjadi saksi atau tersangka jika memang benar terlibat dalam kasus korupsi tersebut.

“Karena ini sangat memengaruhi kewibawaan partai baik di pusat dan daerah. Teman-teman keluarga besar Partai Berkarya mempertanyakan hal itu dan ini menyangkut kinerja partai kami dalam rangka menghadapi Pilkada 2020 dan persiapan Pemilu 2024,” tuturnya.

3. Priyo dan Vasco dinonaktifkan dari jabatan di partai oleh DPP

Partai Berkarya Dukung KPK Usut Kasus yang Menyeret Priyo Budi SantosoDoc. IDN Times

Karena kasus tersebut, DPP Partai Berkarya sepakat untuk menonaktifkan Priyo dan Vasco dari jabatannya di partai agar fokus menyelesaikan kasus yang tengah ditujukan kepada mereka.

“Sehingga kami sebagian besar teman teman (DPP) merekomendasikan menonaktifkan dulu Bapak Priyo Budi Santoso selaku Sekjen,” ungkapnya.

4. Nama Priyo dan Vasco disebut oleh Fahd ikut terlibat dalam korupsi pengadaan korupsi Al-Quran

Partai Berkarya Dukung KPK Usut Kasus yang Menyeret Priyo Budi SantosoIlustrasi korupsi. (IDN Times/Santi Dewi)

Sebelumnya, dalam pemeriksaan KPK, Kamis (23/1) mantan Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Fahd El Fouz membeberkan peran Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso dan Vasco Ruseimy dalam kasus tersebut.

Fahd telah divonis empat tahun penjara karena terbukti terlibat dalam kasus korupsi pengadaan laboratorium komputer madrasah tsanawiyah tahun anggaran 2011 dan pengadaan kitab suci Alquran tahun anggaran 2011 dan 2012 di Kementerian Agama. Kasus tersebut menyebabkan kerugian negara sebesar Rp14 miliar.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya