Pemerintah Bentuk TGPF Intan Jaya, Dipimpin Benny Mamoto 

Tim TGPF lapangan Intan Jaya terdiri dari 18 orang

Jakarta, IDN Times - Pemerintah secara resmi telah membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) terkait kasus penembakan yang terjadi di Intan Jaya, Papua, pada kurun waktu 16-20 September 2020 lalu.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan, TGPF Intan Jaya akan dipimpin langsung oleh Irjen Pol (Purn) Benny Mamoto yang saat ini menjabat sebagai ketua harian Kompolnas.

1. Benny Mamoto jadi ketua tim investigasi lapangan kasus kekerasan Intan Jaya

Pemerintah Bentuk TGPF Intan Jaya, Dipimpin Benny Mamoto Benny Mamoto sebagai pembicara dalam Ngobrol Seru by IDN Times pada Jumat (10/7/2020) dengan Tema "Melacak Pembobolan BNI Senilai Rp 1,7 Triliun" (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Pembentukan TGPF, kata dia, berdasarkan Surat Keputusan Nomor 83 tahun 2020 tertanggal 1 Oktober guna mengusut peristiwa kekerasan di Kabupaten Intan Jaya, Papua tersebut.

“Hari ini kita mau membentuk TGPF kasus Intan Jaya dengan nomor keputusan 83 tahun 2020 yang di dalam lampiran satu itu, kami mengangkat tim investigasi lapangan, ketuanya Pak Benny Mamoto,” kata Mahfud dalam keterangan persnya secara daring, Jumat (2/10/2020).

Baca Juga: PGI Minta Presiden Jokowi Usut Tuntas Penembakan Pendeta Papua

2. Tim investigasi lapangan Intan Jaya terdiri dari 18 orang

Pemerintah Bentuk TGPF Intan Jaya, Dipimpin Benny Mamoto Korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dibawa menggunakan truk menuju pesawat saat evakuasi di Intan Jaya, Papua, Senin (14/9/2020) (ANTARA FOTO/Humas Polda Papua)

Mahfud menjelaskan, anggota TGPF terdiri dari sejumlah unsur lembaga pertahanan dan keamanan negara serta tokoh masyarakat dan akademisi dari Papua. Tim tersebut, lanjut dia, akan bertugas sejak dikeluarkannya surat keputusan itu hingga dua pekan ke depan untuk melaporkan hasil investigasi kepada Kemenko Polhukam.

“Tim terdiri dari dua komponen. Ada komponen dari pejabat Kemenko Polhukam, TNI, Polri, KSP, BIN, dan tokoh masyarakat Papua. Lalu tim investigasi lapangan ada 18 orang,” ujarnya.

3. Daftar lengkap tim TGPF lapangan Intan Jaya

Pemerintah Bentuk TGPF Intan Jaya, Dipimpin Benny Mamoto Korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dibawa menggunakan truk menuju pesawat saat evakuasi di Intan Jaya, Papua, Senin (14/9/2020) (ANTARA FOTO/Humas Polda Papua)

Berikut ini daftar lengkap tim TGPF lapangan Intan Jaya di bawah Kemenkopolhukam:

1.Benny Mamoto (Ketua Harian Kompolnas) ketua tim TGPF lapangan.
2. Sugeng Purnomo (Deputi Bidang Hukum dan HAM Kemenko Polhukam) wakil ketua TGPF lapangan.

Anggota TGPF lapangan:

3. Makarim Wibisono (tokoh intelektual),
4. Johny Nelson Simanjuntak (Koordinator Bidang Hukum dan Advokasi PGI),
5. Henokh Bagau (Ketua Sekolah Tinggi Teologi GKII Timika),
6. Apolo Safanpo (Rektor Universitas Cenderawasih)
7. Konstan Karma (tokoh masyarakat),
8. Abdul Hamid A Toha (tokoh masyarakat),
9. Samuel Tabuni (tokoh masyarakat),
10. Victor Abraham Abaidata (tokoh pemuda),
11. I Dewa Gede Palguna (Dosen Universitas Udayana),
12. Bambang Purwoko (Dosen Universitas Gadjah Mada),
13. Budi Kuncoro (Staf Khusus Menko Polhukam),
14. Rudy Heriyanto Adi Nugroho (Kadiv Hukum Mabes Polri),
15. Asep Subarkah (BIN),
16. Eddy Rate Muis (Komandan Puspom TNI),
17. Arif (Direktur Ideologi Politik, Pertahanan, dan Keamanan Kejaksaan Agung)
18. Edwin Partogi Pasaribu (Wakil Ketua LPSK).

Sebelumnya diberitakan, 4 warga negara Indonesia di sana jadi korban tembak dalam kurun waktu 17-20 September. Mereka adalah seorang warga sipil bernama Baidowi, dua personel TNI atas nama Serka Sahlan dan Pratu Dwi Akbar, serta Pendeta Yeremia Zanambani di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Aparat gabungan yang terdiri dari Polri dan TNI juga telah menggelar olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) pada Minggu, 27 September 2020.

"Olah TKP oleh tim gabungan Polri dan TNI dipimpin Ipda Y Urbinas yang didampingi Kapolres Intan Jaya AKBP I Wayan G Antara," ujar Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal seperti dilansir ANTARA.

Baca Juga: Mahfud MD Sebut Kondisi di Intan Jaya, Papua Aman Pasca-Penembakan KKB

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya