Polisi Belum Pastikan Kebakaran di Gili Lawa Karena Kembang Api

Masih mendalami kejadian dari saksi di lokasi kejadian.

Jakarta, IDN Times - Beredar kabar mengenai terbakarnya Padang Savana di Pulau Gili Lawa di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT) akibat dari letusan petasan oleh wisatawan.

Berita itu merebak di media sosial lantaran banyak yang mengatakan bahwa kebakaran tersebut terjadi karena adanya kegiatan foto pra nikah yang menggunakan efek api dalam sesi pemotretannya.

Apa kata polisi yang tengah menyelidiki kasus ini?

1. Polisi masih selidiki sebab kebakaran

Polisi Belum Pastikan Kebakaran di Gili Lawa Karena Kembang ApiTwitter/@supojwe

Kabar tersebut ditampik oleh pihak kepolisian. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda NTT, Komisaris Besar Polisi Jules Abraham meminta semua pihak tidak mempercayai apa yang berkembang di media sosial sebelum polisi memberikan pernyataan resmi.

"Belum diketahui (penyebab kebakaran) itu kan di media sosial, kan belum ada pernyataan dari kita," ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (03/08).

2. Masih mendalami dari saksi di lokasi kejadian

Polisi Belum Pastikan Kebakaran di Gili Lawa Karena Kembang ApiTwitter/@toniliu_ 6h6

Sampai saat ini ia mengaku masih terus mendalami insiden kebakaran tersebut, sejumlah saksi telah berhasil dimintai keterangan guna mencari tau apa penyebabnya.

"Kalau mau ikutin media sosial mah kemarin bilang puntung api, sekarang kembang api. Sampai saat ini kita masih lakukan penyelidikan penyebab kebakaran," ungkapnya.

Baca Juga: Padang Savana Gililawa Darat Kebakaran, Warganet Murka

3. Gili Lawa ditutup untuk umum

Polisi Belum Pastikan Kebakaran di Gili Lawa Karena Kembang ApiTwitter/@TravelSparksID

Sejauh ini pihak kepolisian dari Polres Manggarai Barat telah memasang garis polisi di lokasi kejadian, wisatawan pun tidak boleh melintasi padang savana tersebut yang saat ini sudah kering dan hitam akibat dilalap si jago merah.

Kebakaran terjadi pada Kamis (02/08) petang sekitar pukul 18.15 waktu setempat, api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 03.15 keesokan harinya.

Baca Juga: Hutan di Gili Lawa Terbakar Diduga Bersumber dari Puntung Rokok

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya