Survei Populi: Jokowi-Ma’ruf Unggul Telak Atas Prabowo-Sandiaga 

Kalian sudah menetapkan pilihan?

Jakarta, IDN Times - Lembaga Survei Populi Center merilis hasil survei mereka terkait dengan elektabilitas kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko “Jokowi” Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan total 1.470 responden yang dipilih secara acak dengan margin of error 2,53 persen. Bagaimana hasilnya?

1. Jokowi-Ma’ruf unggul dengan selisih signifikan

Survei Populi: Jokowi-Ma’ruf Unggul Telak Atas Prabowo-Sandiaga IDN Times/Fitang Budhi

Hasil survei ini menunjukan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin unggul secara signifikan atas Prabowo - Sandiaga Uno. “Dari sisi elektabilitas pasangan, Jokowi-Ma’ruf mendapatkan angka elektabilitas sebesar 56,3 persen. Sementara itu, elektabilitas Prabowo-Sandiaga berada di angka 30,9 persen,” ujar Peneliti Populi Center Dimas Ramadhan di kawasan Jakarta Barat, Rabu (24/10).

Baca Juga: Dana Kampanye Prabowo-Sandiaga Rp31,7 Miliar

2. Masyarakat semakin mantap menetapkan pilihannya

Survei Populi: Jokowi-Ma’ruf Unggul Telak Atas Prabowo-Sandiaga ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Adapun untuk tingkat kemantapan pilihan, jumlah masyarakat yang telah mantap dengan pilihannya sedikit meningkat dari 72,6 persen di bulan Agustus menjadi 75,2 persen. Di sisi lain, jumlah pemilih yang masih mungkin berubah pilihannya juga menurun dari 13,4 persen menjadi 12,1 persen.

“Dilihat berdasarkan sebaran pemilihannya, sebanyak 65,1 persen pemilih pasangan Jokowi-Ma’ruf adalah pemilih yang sudah mantap dengan pilihannya. Sementara, pemilih pasangan Prabowo-Sandiaga yang sudah mantap dengan pilihannya ialah sebesar 33,3 persen,” terangnya.

3. Masing-masing cawapres tidak memberikan dampak elektoral bagi pemilih

Survei Populi: Jokowi-Ma’ruf Unggul Telak Atas Prabowo-Sandiaga IDN Times/Vanny El Rahman

Sementara itu pemilihan calon wakil presiden belum memberikan dampak elektoral yang signifikan terkait perolehan elektabilitas pasangan. Hal ini bisa terlihat dari data di bulan Agustus di mana elektabilitas Jokowi-Ma’ruf sebanyak 55,1 persen, hanya naik sedikit menjadi 55,6 persen di bulan Oktober.

Begitu pula halnya dengan pasangan Prabowo-Sandiaga. Di bulan Agustus elektabilitas pasangan ini sebesar 30,3 persen, sementara di bulan Oktober sebesar 30,9 persen.

“Dengan demikian, baik Ma’ruf Amin maupun Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden sejauh ini masih belum memberikan kontribusi terhadap tingkat keterpilihan calon presiden, Jokowi maupun Prabowo,” tandasnya.

Ikuti terus berita-berita seputar Pemilu 2019 di Millennials Memilih IDN Times. #MillennialsMemilih."

Baca Juga: Survei Jokowi Meroket Usai Kasus Hoaks, Sandiaga Tantang LSI

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya