Bekraf Kirim 10 Delegasi Industri Kreatif Indonesia di SXSW 2018

Salah satunya Rich Brian

Jakarta, IDN Times - South by Southwest (SXSW) 2018 adalah ajang festival seni kreatif dan teknologi terbesar di dunia. Pada gelaran Festival SXSW 2018 ini, Indonesia melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengirimkan 10 delegasi untuk mengikuti ajang dunia tersebut.

1. SXSW ajang industri kreatif terbesar di dunia

Bekraf Kirim 10 Delegasi Industri Kreatif Indonesia di SXSW 2018IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Wakil Kepala Bekraf, Ricky Pesik mengatakan ajang SXSW 2018 ini merupakan ajang bergengsi bagi para peserta untuk menunjukan bakat dan kemampuannya kepada dunia.

"Sebagaimana kita ketahui, Indonesia di ajang SXSW ini bukan kali pertama, tapi sudah tahun kedua Pemerintah melalui Bekraf mengirim talenta terbaik yang dimiliki untuk mengikuti ajang yang sudah berlangsung puluhan tahun ini," ujar Ricky di Djakarta Teater, Jakarta Pusat, Selasa (13/02).

2. Ajang SXSW sebagai sarana memperluas jaringan bisnis para delegasi

Bekraf Kirim 10 Delegasi Industri Kreatif Indonesia di SXSW 2018IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Ricky berharap kepada para delegasi agar melebarkan sayap seluas-luasnya untuk mempromosikan produk yang mereka miliki kepada delegasi negara lainnya.

"Ini merupakan markethub yang penting bagi karya atau pelaku kreatif Indonesia untuk mempromosikan diri mereka ke delegasi lain. Kita harapkan temen-temen Startup bisa memanfatkan SXSW secara maksimum untuk bisa melebarkan sayap ke Internasional."

3. SXSW ajang memperkenalkan industri kreatif Indonesia

Bekraf Kirim 10 Delegasi Industri Kreatif Indonesia di SXSW 2018IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Bekraf dalam hal ini akan terus mendukung para delegasi yang dikirim di ajang SXSW mendatang karena merupakan instruksi langsung dari Presiden untuk mengenalkan Industri Kreatif Indonesia di mata dunia.

"Bekraf komitmen bahwa SXSW merupakan platform penting yang harus terus dikembangkan kerjasamanya. Dari kacamata Bekraf terus jajaki peluang baru yang lebih signifikan di mata dunia karena ini merupakan tugas dari bapak Presiden."

Baca juga: Bekraf Gandeng 6 Kampus untuk Kembangkan Industri Kreatif

4. Indonesia akan terus mengirim delegasinya ke ajang SXSW

Bekraf Kirim 10 Delegasi Industri Kreatif Indonesia di SXSW 2018instagram.com/brianimanuel

Dalam hal ini Bekraf mengaku akan terus mengirim delegasi Indonesia setiap tahunnya ke acara tersebut, dan tidak menutup kemungkinan pada acara-acara lainnya yang banyak diikuti oleh peserta dari negara-negara lain.

"Tugas kita mempromosikan diri dan mempromosikan Indonesia. Itu sebabnya SXSW ini penting untuk terus menghadirkan delegasi Indonesia disana."

Adapun 10 delegasi Indonesia yang dikirim ke Festival SXSW tersebut adalah 6 dari perusahaan rintisan yaitu Kata.ai, Seruniaudio, Saft7Robotics, Squline, Vestifarm dan Mycotech. Sedangkan 3 delegasi lagi datang di bidang seni musik yaitu Efek Rumah Kaca, Rich Brian dan Kimokal serta satu lagi dari industri film yaitu Minikino.

5. Indonesia memiliki potensi yang besar dalam industri kreatif dunia

Bekraf Kirim 10 Delegasi Industri Kreatif Indonesia di SXSW 2018IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Hal ini akan terus dilakukan karena Bekraf sendiri melihat banyak potensi besar yang lahir dari anak-anak bangsa yang tentu saja tidak kalah dengan negara-negara lain di dunia.

"Kita tahu bahwa kita punya banyak pelaku kreatif secara profesional, malalui SXSW ini bisa dengan mudah mendapatkan peluang-peluang. Bekraf bertujuan untuk mengejar ketertinggalan oleh negara lain untuk membawa indonesia besar".

Ajang Festival SXSW 2018 yang berlangsung di Austin, Texas, Amerika Serikat ini akan berlangsung pada bulan Maret mendatang selama 10 hari lamanya, yaitu dari tanggal 9-18 Maret.

Baca juga: Animasi Jadi Andalan Bekraf Untuk Genjot Ekonomi Kreatif

Topik:

Berita Terkini Lainnya