[UPDATE] Korban Meninggal Virus Corona Tembus 5.819 Orang

Indonesia urutan ke-29 negara terinfeksi virus corona

Jakarta, IDN Times - Wabah virus corona atau COVID-19 di dunia terus menyebar setiap harinya, tidak terkecuali di Indonesia. Data terbaru yang dirilis gisanddata.maps.arcgis.com pada Minggu (15/3) pukul 07.50 WIB, korban meninggal dunia akibat virus mematikan ini mencapai 5.819 orang.

Jumlah korban meninggal masih didominasi dari Provinsi Hubei, Tiongkok, dengan 3.075 kematian. Namun, dari pantauan IDN Times, Italia dan Iran menjadi negara dengan jumlah kematian tertinggi setiap harinya akibat virus tersebut.

1. Jumlah korban meninggal di Italia dan Iran naik secara signifikan

[UPDATE] Korban Meninggal Virus Corona Tembus 5.819 OrangPerawat masuk ruang isolasi di RSUD Dr Iskak Tulungagung, IDN Times / Bramanta Pamungkas

Angka kematian di Italia akibat virus corona hari ini telah mencapai 1.441 orang. Angka tersebut naik secara signifikan jika dibandingkan pada hari sebelumnya.

Hal serupa juga dialami oleh Iran, hari ini angka kematian akibat virus corona sudah mencapai 611 orang, diikuti Spanyol 195 orang.

2. Angka yang sembuh tercatat sudah mencapai 72.624 jiwa

[UPDATE] Korban Meninggal Virus Corona Tembus 5.819 Orang(Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Meskipun demikian angka kesembuhan juga meningkat. Per hari ini tercatat 72.624 jiwa sembuh dan pulih seperti sedia kala usai menjalani pengobatan.

Sedangkan korban yang terinfeksi mengalami kenaikan jumlah menjadi 156.102. Angka terinfeksi tersebut mayoritas berada Tiongkok dengan angka 80.980 disusul Italia yang mencapai 21.157 jiwa, sedangkan Iran ada 12.729 jiwa.

3. Jumlah penderita virus corona membengkak di Indonesia karena hasil pelacakan

[UPDATE] Korban Meninggal Virus Corona Tembus 5.819 OrangJuru bicara penanganan virus corona atau COVID-19, Achmad Yurianto, di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Kamis 12 Maret 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Bertambahnya jumlah kasus virus corona COVID-19, termasuk korban yang meninggal dunia, membuat posisi Indonesia langsung melesat ke urutan ke-29 negara yang terinfeksi virus corona.

Sebelumnya pada 6 Maret lalu, Indonesia masih berada di urutan ke-66.    
Berdasarkan laporan Center for Systems Science and Engineering (CSSE) John Hopkins University, Amerika Serikat, total jumlah kasus positif virus corona di Indonesia per hari ini, Sabtu (14/3), adalah 96 kasus.

Data ini sebelumnya telah disampaikan juga oleh Juru Bicara Penanganan Virus Corona COVID-19, Achmad Yurianto, pada Sabtu sore.

Yuri, melaporkan bahwa jumlah pasien positif virus corona di Indonesia bertambah 27 orang, sehingga total jumlah kasus 96.

"Update pada hari ini jumlah kasus positif total ada 96 per hari ini," ujar Yuri di Graha BNPB, Jakarta Timur.

Terkait peningkatan jumlah pasien terinfeksi di Indonesia, Yuri mengatakan, hal itu diketahui berdasarkan hasil tracing atau pelacakan. 

"Terakhir kita laporkan 69 (orang positif virus corona) sekarang menjadi 96 oleh karena itu ada penambahan kasus baru sebanyak 27 ini didapatkan dari tracing," kata Yuri.

[UPDATE] Korban Meninggal Virus Corona Tembus 5.819 Orang(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Gejala Virus Corona Tanda-tanda Terjangkit Corona dan Cara Pencegahan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya