Comscore Tracker

Usai Kecewa Sandiaga Jadi Cawapres, Ke Mana Demokrat Akan Berlabuh?

Apakah Demokrat tetap bersama Prabowo atau dukung Jokowi?

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo resmi mengumumkan Sandiaga Uno sebagai calon wakil presidennya. Pernyataan itu disampaikan pada Kamis malam (9/8) usai Partai Demokrat menuding Sandi memberi mahar ke dua partai politik sehingga namanya mencuat masuk ke bursa cawapres. 

Adalah Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Andi Arief yang menyatakan Sandi sudah memberikan mahar masing-masing senilai Rp 500 miliar untuk diberikan ke PAN dan PKS. Walaupun hal tersebut dibantah oleh masing-masing petinggi parpol. 

Pada Kamis malam, Andi juga menyebut Partai Demokrat menolak terpilihnya Sandiaga Uno sebagai cawapres. 

"Karena melanggar etika koalisi yakni berasal dari Partai Gerindra sama dengan asal partai capres Prabowo. Selain itu, kami juga tidak menerima alasan Prabowo yang tidak menunjuk AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) sebagai cawapres yakni karena PAN dan PKS menolak," ujar Andi melalui keterangan tertulis pada Kamis malam. 

Kini, bola ada di tangan Partai Demokrat. Apakah mereka akan tetap merapat di barisan koalisi bersama Gerindra, menyeberang ke koalisi parpol pendukung Joko Widodo atau malah membuat poros baru? 

1. Sikap Partai Demokrat akan ditentukan melalui rapat Majelis Tinggi

Usai Kecewa Sandiaga Jadi Cawapres, Ke Mana Demokrat Akan Berlabuh?(Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarief Hasan) IDN Times/Fitang Budi Aditia

Sesungguhnya, jelang-jelang Prabowo mengumumkan Sandi sebagai cawapresnya, Partai Demokrat langsung menggelar rapat darurat di kediaman Ketum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di area Mega Kuningan, Jakarta Selatan sejak Kamis malam. Menurut Wakil Ketum Partai Demokrat, Syarief Hasan, sikap resmi partai baru akan diumumkan pada Jumat pagi sebelum para pasangan mendaftar ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kita tunggu saja (keputusan) pada Jumat pagi ketika rapat Majelis Tinggi selesai," ujar Syarief pada Jumat dini hari (10/8).

Baca Juga: Prabowo: Sandiaga Pilihan yang Terbaik

2. Peluang Agus menjadi cawapres sudah tertutup

Usai Kecewa Sandiaga Jadi Cawapres, Ke Mana Demokrat Akan Berlabuh?Dok. IDN Times/Istimewa

Mantan Menteri Koperasi dan UKM ini menambahkan, tidak ada jalan lain bagi partainya, kecuali segera memilih berlabuh ke salah satu pasangan calon. Sementara, untuk membentuk poros ketiga

untuk segera memilih salah satu pasangan karena sudah tidak dimungkinkan terbentuknya poros ketiga.

“Kalau melihat peta koalisi ya hanya dua pilihan itu,” ungkap Syarif.

Artinya, peluang bagi Agus menjadi cawapres dipastikan sudah tertutup.

3.Rapat darurat akan dilanjutkan Jumat pagi

Usai Kecewa Sandiaga Jadi Cawapres, Ke Mana Demokrat Akan Berlabuh?IDN Times/Afriani Susanti

Partai Demokrat akan kembali melanjutkan rapat darurat Majelis Tinggi pada Jumat pagi (10/8) di kediaman SBY. Rencananya rapat tersebut dihadiri oleh para petinggi partai berlambang mercy itu.

Baca Juga: 2 Jam Rapat Darurat, Partai Demokrat Belum Temukan Hasil

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You