Terjadi Kebakaran, Ini Penampakan Velodrome untuk Asian Games 2018

Velodrome lebih dikenal arena untuk balap sepeda

Jakarta, IDN Times - Perhelatan bergengsi olahraga di benua Asia sebentar lagi akan dimulai. Pada tahun ini, Indonesia yang didaulat sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 terus ngebut untuk menyelesaikan berbagai persiapan, termasuk persiapan di venue balap sepeda Jakarta International Velodrome, yang berada di Rawamangun, Jakarta Timur. 

Sesuai jadwal, Asian Games digelar pada 18 Agustus di dua kota yakni Jakarta dan Palembang. Ada 39 cabang olah raga yang bakal dipertandingkan. Palembang kebagian menggelar 10 cabang olah raga. 

Wakil Presiden Jusuf 'JK' Kalla pada beberapa bulan lalu meninjau Velodrome didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Lalu, apa pendapat JK soal beberapa venue yang sudah rampung dibangun?

1. JK bersama Menteri PUPR tinjau Velodrome Rawamangun

Terjadi Kebakaran, Ini Penampakan Velodrome untuk Asian Games 2018IDN Times/Fitang Budhi Adhitya

JK pada Jumat pagi (27/4) meninjau langsung progress dari pembangunan venue yang hampir rampung di area Velodrome, dengan didampingi dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno serta Wakapolri Komjen Pol Syafruddin termasuk Ketua Kontingen pada Asean Games 2018.

JK yang mengenakan kemeja bermotif kotak-kotak dan celana bahan hitam tersebut menyusuri setiap bangunan yang ada di Velodrome didampingi dengan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Satya Heragandhi. Ia menjelaskan apa saja yang masih perlu dikebut untuk mengejar bulan Agustus. 

Baca Juga: Polisi Tetapkan 4 Tersangka Kasus Perusakan Stadion Jakabaring

2. Pembangunan Velodrome sudah rampung 95 persen

Terjadi Kebakaran, Ini Penampakan Velodrome untuk Asian Games 2018ANTARA FOTO/ Sigid Kurniawan

Area Velodrome terlihat spektakuler dan megah usai direnovasi. Salah satu tampilan yang paling mencolok yakni semula yang dibuat menjadi area outdoor kemudian disulap menjadi area in door. CEO PT Jakarta Propertindo Satya Hergandhi mengatakan new Velodrome didesain dengan 2.500 kursi. Akan tetapi, secara total bisa menampung 5.000 penonton. 

Di dalam venue itu, salah satu cabang olah raga yang dipertandingkan adalah sepeda balap. Satya mengatakan sejauh ini tidak ada kendala yang begitu berarti dalam pembangunan venue sepeda balap tersebut. Velodrome, kata Satya akan rampung dalam waktu dekat. 

"Velodrome kalau kita lihat di sini sudah hampir selesai kurang lebih sudah 95 persen. Kalau konstruksi di dalam sendiri sudah 99 persen tapi kalau kita lihat yang paling besar ini ada di taman belum rapih," kata Satya di Velodrome Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (27/4).

3. Velodrome mulai diuji coba Mei 2018

Terjadi Kebakaran, Ini Penampakan Velodrome untuk Asian Games 2018ANTARA FOTO/ Sigid Kurniawan

Lebih lanjut, Satya mengatakan, venue yang akan menampung sekitar 5.000 penonton tersebut ditargetkan rampung pada Mei 2018. Para atlet kemudian dipersilakan untuk melakukan try out atau uji coba di sirkuit sepeda balap yang digadang-gadang memiliki fasilitas berstandar internasional.

"(Velodrome) harus selesai Juni tapi Mei mudah-mudahan udah beres. Kalau ini sudah rampung, maka tanggal 3 Mei akan kami uji coba," kata Satya.

Untuk menangani Asian Games, JK ditunjuk langsung oleh Presiden Joko 'Jokowi' Widodo menjadi Ketua Pengarah Panitia Nasional Asian Games 2018. Selain meninjau Velodrome, JK turut mengunjungi Stadion Patriot Chandrabaga yang berada di Bekasi dan venue cabang olah raga jetski yang ada di Ancol. 

Baca Juga: Venue untuk Asian Games 2018 Velodrome Kebakaran

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya