Comscore Tracker

Virus Corona Belum Masuk ke Indonesia, Wapres: Berkat Doa Qunut Kiai

Doa qunut dipercaya menjauhkan dari bencana dan bahaya

Pangkal Pinang, IDN Times - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan, salah satu faktor yang membuat Indonesia tidak terjangkit virus corona adalah karena doa qunut dari para ulama dan kyai. Ma'ruf turut menyebut kerjasama yang baik antar lembaga untuk mencegah agar virus dengan nama COVID-19 itu tak masuk ke Tanah Air, untuk saat ini dinilai cukup ampuh. 

Lalu, bagaimana peluang Indonesia untuk terhindar dari virus corona?

1. Wapres berharap agar penyebaran virus corona di negara lain bisa segera diatasi

Virus Corona Belum Masuk ke Indonesia, Wapres: Berkat Doa Qunut KiaiWakil Presiden Ma'ruf Amin (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Pernyataan Ma'ruf yang kemudian menjadi perbincangan tersebut, disampaikan ketika melakukan kunjungan kerja di Bangka Belitung. Ia berharap wabah virus corona bisa segera diatasi, baik di negara endemik awalnya di Tiongkok dan negara lain yang telah terjangkit virus corona. 

"Banyak kiai dan ulama yang selalu membaca doa qunut. Saya juga begitu baca doa qunut untuk menjauhkan bala, bahaya, wabah-wabah dan penyakit. Makanya (virus) corona minggir di Indonesia," kata Ma'ruf di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Jumat (28/2).

Baca Juga: Virus Corona: Apa Itu Virus? Ini Asal Muasal dan Cara Terbentuknya

2. Wapres Ma'ruf apresiasi kinerja Menkes Terawan

Virus Corona Belum Masuk ke Indonesia, Wapres: Berkat Doa Qunut KiaiMenteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 27 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Dalam kunkernya itu, ia turut mengapresiasi kerja keras yang telah dilakukan oleh Menkes Terawan Agus Putranto. Menurutnya, pencegahan virus corona di Indonesia bisa berjalan dengan baik karena kerja kerasnya.

"Supaya Indonesia tidak terpapar virus corona, Beliaulah (Terawan) penjaga gawangnya. Padahal negara lain sudah terkena, seperti pusat corona di Tiongkok dan negara Jepang, Amerika Serikat, Singapura dan negara lainnya. Tadi kata Pak Menteri, berkat doa kiai dan ulama juga yang melakukan istighosah," ungkap Ma'ruf.

3. Masyarakat diharapkan terus meningkatkan kewaspadaan tentang penyebaran virus corona

Virus Corona Belum Masuk ke Indonesia, Wapres: Berkat Doa Qunut Kiai(Peta penyebaran virus corona per 27 Februari) www.theguardian.com

Di bagian akhir, Ma'ruf turut berharap agar masyarakat Indonesia bisa terus meningkatkan kewaspadaannya mengenai bahaya penyebaran virus yang kali pertama muncul di Wuhan, Tiongkok itu. 

"Mudah-mudahan kondisi ini terus dijaga dan tidak ada (virus corona) yang masuk (ke Indonesia)," tuturnya.

Baca Juga: Ilham Habibie: Virus Corona, Produk Impor Tiongkok Bakal Banjiri Indonesia

Topic:

  • Santi Dewi

Berita Terkini Lainnya