Wiranto: Kondisi Papua Mulai Kondusif

Masyarakat sudah beraktivitas kembali

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menyebut kondisi Papua saat ini sudah mulai kondusif setelah sempat terjadi kerusuhan beberapa waktu lalu.

1. Pandam dan Kapolda Papua pastikan kondisi telah kondusif

Wiranto: Kondisi Papua Mulai KondusifIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Hal itu disampaikan Wiranto saat menghadiri acara kumpul bersama masyarakat Papua di car free day Bundaran Hotel Indonesia yang bertajuk “Yospan Papua”.

“Pagi tadi saya mendapat laporan dari Papua dan Papua Barat, di sana ada Pangdam, ada Kapolda, melaporkan susana Papua dan Papua Barat sudah kondusif,” kata Wiranto di Bundaran Hotel Indonesia, Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (1/9).

Baca Juga: Warga Papua Gelar Acara Yospam Papua di Car Free Day Bundaran HI

2. Masyarakat telah beraktivitas kembali

Wiranto: Kondisi Papua Mulai KondusifANTARA FOTO/Indrayadi TH

Wiranto menjelaskan, kondisi Papua telah kondusif dan dipastikan aman karena masyarakat telah beraktivitas seperti biasan. Selain itu, pihak Polisi dan TNI juga masih terus memastikan agar kerusuhan tidak kembali pecah.

“Semua wilayah sudah damai, toko-toko sudah buka, kehidupan sudah berjalan lagi,” ujarnya.

3. Wiranto minta masyarakat saling menjaga persatuan

Wiranto: Kondisi Papua Mulai KondusifIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Mantan Panglima TNI ini menegaskan, menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah tugas seluruh rakyat. Oleh sebab itu saling menghargai dan menjunjung tinggi perbedaan adalah modal dasar bagi persatuan.

“Bapak Presiden mengatakan kalau ada masalah sabar, betul ga? Tenang, betul ga? Damai, baru kita bicara. Kita bicara bukan dengan demo, bicara dengan hati,” tegasnya.

Baca Juga: Wiranto Sebut Rusuh Papua Ditunggangi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya