Zulkifli Hasan: MPR Tidak Terpengaruh Polarisasi Selama Pilpres 2019

Ketua MPR imbau tidak korbankan kepentingan persatuan bangsa

Jakarta, IDN Times - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan mengatakan, lembaganya tidak terpengaruh oleh polarisasi yang terjadi di masyarakat selama kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Ia menjelaskan, MPR sebagai rumah kebangsaan serta representasi seluruh masyarakat Indonesia, sudah sepatutnya menjadi pihak yang netral dan menjadi jembatan bagi seluruh masyarakat dalam memberikan aspirasinya.

Selain itu, MPR juga berusaha menciptakan suasana harmonis antar kekuatan sosial politik dan antar kelompok kepentingan untuk mencapai sebesar-besar kemajuan bangsa dan negara.

“Bukti nyata tampak pada saat berlangsungnya Pemilihan Umum Serentak 2019, MPR tidak ikut larut dalam polarisasi kompetisi yang cukup memanas, khususnya dalam kontestasi pemilihan presiden dan wakil presiden,” kata Zulhas di Gedung Kura-Kura, Kompleks DPR/MPR, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (16/8).

MPR yang terdiri dari anggota DPR dan anggota DPD, kata Zulhas, mengajak masyarakat untuk bersikap bijak dalam menyikapi kompetisi pilpres untuk tidak mengorbankan kepentingan persatuan bangsa, hanya demi pemilu sebagai agenda rutin lima tahunan.

“Dalam setiap aktivitasnya, MPR selalu mengingatkan kepada seluruh komponen bangsa bahwa dalam kehidupan demokratis memerlukan sikap dan tindakan saling menghormati. Aktivitas kenegaraan harus selalu mengedepankan kejujuran, amanah, keteladanan, sikap toleransi, rasa malu, tanggung jawab, menjaga kehormatan, serta martabat diri sebagai warga bangsa,” ujarnya.

Lebih jauh Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga mengucapkan syukur atas suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2019 yang baru pertama kali dilaksanakan secara serentak.

Suksesnya penyelenggaraan Pemilu serentak 2019, sambungnya, merupakan bukti bahwa Bangsa Indonesia telah semakin dewasa dalam berdemokrasi.

“Melalui sidang terhormat ini, MPR mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersama-sama menerima hasil Pemilihan Umum 2019 ini secara ikhlas. Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Umum Presiden haruslah dipahami sebagai kompetisi antar kita, antar saudara, antar sesama anak bangs,” ucapnya.

“Sehingga apa pun hasilnya, merupakan kemenangan kita semua sebagai bangsa Indonesia, karena pilihan politik boleh beda, tetapi merah putih kita sama, dan tetap akan sama untuk selamanya. Mari kita rajut kembali Merah Putih,” imbuh Zulkifli Hasan.

Baca Juga: Sidang Tahunan, Jokowi: Pemerintah Tak Boleh Alergi Terhadap Kritik

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya