Bantu Korban Gempa Lombok, Pemkot Surabaya Akan Bangun Gedung Sekolah

Targetkan donasi Rp880 juta

Surabaya, IDN Times - Gempa bumi yang menimpa Lombok, NTB dan sekitarnya membuat warga Indonesia berbondong-bondong untuk memberikan bantuan. Begitu pula dengan Pemerintah Kota (pemkot) Surabaya yang memilih untuk memfokuskan bantuan dalam bentuk bangunan gedung salah satu sekolah yang terdampak paling parah. Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini di ruang kerjanya, Selasa (7/8).

1. Targetkan donasi Rp880 juta

Bantu Korban Gempa Lombok, Pemkot Surabaya Akan Bangun Gedung SekolahIDN Times/Ardiansyah Fajar

Risma menuturkan bahwa ia hanya akan membangun 1 sekolah yang dirasa kerusakannya paling parah. Untuk itu, setelah melakukan penghitungan, sekolah tersebut membutuhkan dana sebesar Rp880 juta. Sementara saat ini bantuan yang terkumpul di posko bantuan gempa baru mencapai Rp780 juta. "Nanti kita bakal minta ke DPR buat ambil dari APBD supaya nutupi kekurangannya," ujar Risma.

2. Tidak kirimkan tim relawan

Bantu Korban Gempa Lombok, Pemkot Surabaya Akan Bangun Gedung SekolahIDN Times/Fitria Madia

Ia menambahkan bahwa bantuan tenaga di Lombok dirasa sudah banyak diberikan oleh berbagai pihak. Oleh karenanya, Risma memilih untuk tidak mengirimkan tim relawan ke Lombok. "Banntuan relawan masih penuh di sana

 Kita fokus bantuan mengumpulkan uang untuk bantu satu sekolah yang benar-benar jadi nanti fokus satu sekolah saja," ujarnya.

3. Ajak sekolah-sekolah untuk berpartisipasi

Bantu Korban Gempa Lombok, Pemkot Surabaya Akan Bangun Gedung SekolahIDN Times/Ardiansyah Fajar

Bantuan yang nantinya akan disalurkan Pemkot Surabaya ini berasal dari dana donasi yang terkumpul di posko peduli gempa di halaman Balai Kota Surabaya. Tak hanya itu, Risma juga menginstruksikan Dinas Pendidikan Surabaya untuk mengoordinir bantuan-bantuan dari sekolah-sekolah di Surabaya. "Banyak sekolah-sekolah yang berpartisipasi. Tak terhitung sudah," jelasnya.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya