Jatim Aman, Gubernur Optimistis Investasi Rp 328 Triliun Masuk

Semoga perekonomian Jatim segera pulih, ya!

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo bersama Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin, Pangdam V/Brawiaya, Mayjen TNI Arif Rahman, dan Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha Jatim melakukan deklarasi “Jawa Timur Aman dan Damai” di Hotel Majapahit Surabaya, Rabu (30/5) malam.

Menurut Pakde Karwo, deklarasi ini merupakan bentuk kepedulian bersama untuk menjaga provinsi ini senantiasa berada dalam situasi aman dan damai. Cara ini juga menjadi salah satu upaya untuk memulihkan rasa aman dan kepercayaan masyarakat, khususnya pasca tragedi bom yang terjadi pada tanggal 13-14 Mei lalu.

1. Pakde harapkan investasi Rp 328 triliun masuk Jatim

Jatim Aman, Gubernur Optimistis Investasi Rp 328 Triliun MasukIDN Times/Fitria Madia

Dalam sambutannya, Pakde Karwo menyampaikan dengan adanya kekompakan dan deklarasi bersama ini, pihaknya optimis rencana investasi atas dasar ijin prinsip dengan nilai total Rp 328 Triliun akan masuk ke Jatim. Jumlah itu terdiri dari PMA sebesar Rp 248 Triliun, dan PMDN sebesar Rp 80 Triliun.

“Yang PMDN kami yakin akan landing, tapi untuk PMA senilai Rp 248 triliun, para investornya masih menunggu komitmen dari polisi dan TNI terkait keamanan. Mereka bertanya-tanya, bagaimana pengelolaan keamanan di Jatim? Dan pertanyaan itu terjawab dalam deklarasi malam ini. Kami yakin PMA tersebut terealisasi,” ujarnya.

2. Jatim akan ungguli pertumbuhan ekonomi nasional

Jatim Aman, Gubernur Optimistis Investasi Rp 328 Triliun MasukIDN Times/Fitria Madia

Pakde Karwo menambahkan apabila PMA tersebut terealisasi maka akan mendorong kinerja perekonomian Jatim. Sampai dengan Triwulan-I Tahun 2018, kinerja perekonomian Jatim berjalan baik dan mampu tumbuh sebesar 5,50 persen, lebih tinggi diatas pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,06 persen.

“Diprediksi, kinerja pertumbuhan ekonomi Jatim pada akhir tahun ini bisa mencapai 5,6 persen. Tapi jika PMA sebesar Rp 248 triliun bisa terealisasi, maka pertumbuhan ekonomi Jatim di akhir tahun bisa lebih dari 5,6 persen,” pungkasnya.

3. Deklarasi diwarnai pelepasan merpati

Jatim Aman, Gubernur Optimistis Investasi Rp 328 Triliun MasukIDN Times/Fitria Madia

Dalam kesempatan ini hadir pula perwakilan 37 organisasi pengusaha di Jatim serta konsulat jenderal dan ekspatriat negara asing seperti Amerika, Australia, dan Jepang. Para stake holder perekonomian di Jawa Timur ini mengukuhkan deklarasi dipimpin oleh ketua Forkas Pengusaha Jatim Nur Cahidin. "Jadi kepada masyarakat, khususnya kepada investor, tidak usah takut datang ke Jatim. Buyer juga tidak perlu menunda jadwalnya. Kita bersama-sama menjamin bahwa Jatim aman,” pesan Nur. Setelah itu mereka melepaskan beberapa ekor merpati sebagai perwujudan kedamaian dan keamanan di Jawa Timur.

Topik:

Berita Terkini Lainnya