Meski Menuai Banyak Kecaman, Deklarasi Ganti Presiden Tetap Digelar

Panitia minta kepolisian tetap profesional

Surabaya, IDN Times - Meskipun aksi deklarasi #2019gantipresiden yang akan digelar Minggu (25/8) tidak mengantongi surat tanda terima pemberitahuan (STTP) dari Polda Jawa Timura (Jatim), namun panitia pelaksana tetap akan melancarkan aksi mereka yang rencananya dipusatkan di sekitar monumen Tugu Pahlawan. Hal ini disampaikan oleh panitia pelaksana aksi, Agus Maksum ketika dihubungi IDN Times, Jumat (24/8).

1. Aksi tak perlu izin

Meski Menuai Banyak Kecaman, Deklarasi Ganti Presiden Tetap DigelarIDN Times/Margith Damanik

Agus percaya bahwa aksi menyuarakan pendapat tidak perlu izin kepolisian. Ia menggunakan dasar UU Nomor 9 tahun 1998 tentang kebebasan menyampaikan pendapat di muka umum. "Pada pasal 10 hanya mengatur tentang surat pemberitahuan dikirimkan selambat-lambatnya tiga hari sebelum kegiatan dilakukan. Tidak ada kewajiban penyelenggara acara untuk memiliki STTP," ujarnya.

Baca Juga: Tanpa STTP, Polisi Bisa Bubarkan Deklarasi Ganti Presiden di Surabaya

2. Tak akan terpancing provokasi

Meski Menuai Banyak Kecaman, Deklarasi Ganti Presiden Tetap DigelarIDN Times/Ardiansyah Fajar

Ia menyadari bahwa ketakutan publik akan gelaran ini adalah gesekan antar golongan yang tercipta akibat provokasi. Namun Agus menjelaskan bahwa pihaknya akan tetap fokus melancarkan acara tanpa menanggapi provokasi yang ada. "Acara kami akan aman, lancar, dan tertib serta tidak menanggapi provokasi," jawabnya dengan yakin.

3. Minta kepolisian untuk profesional

Meski Menuai Banyak Kecaman, Deklarasi Ganti Presiden Tetap DigelarIlustrasi polisi (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)

Agus berharap kepolisian tetap dapat berlaku profesional untuk melindungi, melayani, dan mengayomi warga negara Indonesia karena ia yakin pihaknya sudah menjalankan prosedur aksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. "Ya jelas kami menghindari (dari konflik) dan kami yakin polisi cukup profesional untuk mengatur dan mencegah hal terjadi," tegasnya.

 

Baca Juga: Buku #2019GantiPresiden Diluncurkan, Apa Saja Isinya?

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya