Mulai Ormas hingga Mahasiswa Tolak Deklarasi Ganti Presiden 

Surabaya cinta damai

Surabaya, IDN Times - Aksi deklarasi #2019gantipresiden di Surabaya menuai banyak kecaman dari berbagai pihak. Selain tak mengantongi surat tanda terima pemberitahuan (STTP), aksi ini juga diprotes berbagai kalangan masyarakat Surabaya yang mengkhawatirkan terganggunya kondusifitas yang ada di Surabaya.

 

1. Pemuda Pancasila surati Kapolda

Mulai Ormas hingga Mahasiswa Tolak Deklarasi Ganti Presiden Dok.IDN Times/Istimewa

Salah satu pihak yang mengecam adanya deklarasi ini berasal dari ormas Pemuda Pancasila cabang Surabaya. Mereka menyurati Kapolda Jatim untuk menunjukkan keberatannya terhadap gelaran aksi yang dirasa menodai sila ke-3 dari Pancasila. "Apabila tetap berjalan kami akan menurunkan massa Pemuda Pancasila sekota Surabaya untuk membubarkan acara tersebut," tulis ketua PP Surabaya, Haries Purwoko dalam surat tersebut.

Baca Juga: Meski Menuai Banyak Kecaman, Deklarasi Ganti Presiden Tetap Digelar

2. Barisan Arek Suroboyo gelar aksi

Mulai Ormas hingga Mahasiswa Tolak Deklarasi Ganti Presiden IDN Times/Ardiansyah Fajar

Aksi untuk mencegah adanya aksi digelar oleh sekelompok masyarakat yang menamai dirinya sebagai Barisan Rek Suroboyo. Sekitar 200 massa menggelar aksi di depan Gedung Grahadi, Jumat (24/8). Dalam aksinya, mereka mengecam adanya deklarasi tersebut menggunakan bentangan kain bertuliskan "2019. Ojok resek. Ojok SARA. Iki Suroboyo cox".

3. Aliansi Mahasiswa Jatim geruduk KPU

Mulai Ormas hingga Mahasiswa Tolak Deklarasi Ganti Presiden IDN Times/Fitria Madia

Kalangan pelajar juga rupanya mengecam adanya deklarasi yang akan mendatangkan Ahmad Dhani dan Neno Warisman ini. Mereka mendatangi Kantor KPU Jatim sembari membawa bendera merah putih dan bendera aliansi mahasiswa Jatim. "Jangan ada agenda-agenda yang tidak mendidik dan merusak tatanan yang sudah terbangun di Surabaya hanya karena kefanatikkan pada pilihan politik," ujar Ahmad Ade, koordinator aksi pada Jumat (24/8).

 

Baca Juga: Tanpa STTP, Polisi Bisa Bubarkan Deklarasi Ganti Presiden di Surabaya

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya