Poles KBS, Surabaya Siapkan Jogging Track hingga Modernisasi Wahana

Yuk kunjungi KBS

Surabaya, IDN Times - Masyarakat Surabaya pasti sudah tidak asing dengan Kebun Binatang Surabaya (KBS). Saat ini, KBS sedang mempercantik diri dengan revitalisasi yang diadakan di dalamnya. Hal ini disampaikan oleh Dirut Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) Chairul Anwar saat jumpa pers, Minggu (10/6) di KBS.

1. Kandang dan taman KBS diperbaharui

Poles KBS, Surabaya Siapkan Jogging Track hingga Modernisasi WahanaIDN Times/Fitria Madia

Chairul menjelaskan beberapa titik yang sedang mengalami revitalisasi antara lain kandang kera jawa dan taman baru dekat kolam renang. Ia juga menjelaskan bahwa zona komodo sudah mulai dirombak sedemikian rupa. Nantinya, zona ini dapat dinikmati dari sudut pandang yang berbeda yaitu under pass (di bawah tanah), datar, dan dari atas jembatan. Ia juga mengatakan bahwa saat ini telah dilaksanakan lepas liar burung pelikan di area danau siamang. "Jadi nanti burung Pelikannya gak gerombol kaya satwa gak terawat," jelasnya.

2. Akan ada jogging track

Poles KBS, Surabaya Siapkan Jogging Track hingga Modernisasi WahanaIDN Times/Fitria Madia

Nantinya, tak hanya kawasan edukasi hewani, KBS juga akan dilengkapi dengan jogging track. Di sekitar jogging track juga akan disediakan tempat kuliner dengan menu khas Suroboyoan. Jogging track ini akan dioperasikan menjelang tahun baru 2019. "Nanti akan dibuka mulai pukul 05.30 WIB. Jadi para eksekutif muda bisa jogging sambil menikmati kuliner Suroboyoan," imbuh Chairul.

3. Zona interaksi lebih modern

Poles KBS, Surabaya Siapkan Jogging Track hingga Modernisasi WahanaIDN Times/Fitria Madia

Tak hanya revitalisasi infrastuktur, KBS juga berbenah dalam wahana. Beberapa zona juga telah diperbaharui. Salah satunya yaitu zona Breakfast with Elephant. Tak hanya menunggangi Gajah, kali ini pengunjung dapat menikmati kuliner pagi khas Suroboyoan dan juga berfoto bersama sang gajah. Zona ini telah diresmikan pada 2017. Selain itu, zona Feeding Time untuk Rusa juga telah diperbaharui dengan akses yang lebih leluasa bagi pengunjung untuk berinteraksi dengan berbagai jenis Rusa. 

Ada pula Kids Zoo, yaitu Zona sentuh untuk anak-anak kepada beberapa jenis satwa. Akuarium KBS kini juga telah diperbaharui menjadi lebih modern.

4. KBS diharapkan tidak bergantung APBD

Poles KBS, Surabaya Siapkan Jogging Track hingga Modernisasi WahanaIDN Times/Fitria Madia

Chairul mengaku bahwa proses revitalisasi KBS tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat. Beberapa pembangunan belum selesai. Hal ini dikarenakan usaha KBS untuk menjadi mandiri. Ia akan selalu berusaha membuat KBS tidak bergantung dengan APBD Kota Surabaya.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya