Risma Sulap TPA Menjadi Taman Bunga Kelas Dunia

Pohonnya berbunga, semaknya berbunga, semuanya bunga

Surabaya, IDN Times - Keindahan kota Surabaya sebentar lagi akan ditambah dengan kehadiran Taman Harmoni di daerah Keputih. Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menyampaikan bahwa taman ini nantinya akan penuh dengan bunga. "Pohonnya berbunga semaknya juga berbunga. Pokoknya semua bunga," ujarnya usai acara Perayaan Hari Bhakti Adiyaksa Kejaksaan, Kamis (12/7).

1. Dibangun di atas bekas TPA

Risma Sulap TPA Menjadi Taman Bunga Kelas DuniaDok IDN Times/Istimewa

Risma menjelaskan bahwa Taman Harmoni yang berluas 60 hektare ini merupakan bekas Tempat Pembuangan Akhir (TPA). "Saya tidak tahu persis karena waktu itu belum jadi PNS. TPU kita diusir warga sini dan dipindah ke Benowo. Ini tidak terkelola hampir 10 tahun," jelasnya.

Sebagai bekas bertumpuknya berton-ton sampah, keadaan tanah di kawasan Keputih ini tidak layak tanam. Namun Risma yang kala itu menjadi kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan mengakalinya dengan menanam bambu-bambuan. "Itu saja dulu kita kasih base beton. Karena tanahnya masih mengeluarkan gas metan. Gak bisa langsung tanam nanti mati," terang Risma.

2. Usung tema color block

Risma Sulap TPA Menjadi Taman Bunga Kelas DuniaDok IDN Times/Istimewa

Saat ini, bekas TPA Keputih sendiri masuk kategori telah layak tanam. Pemkot Surabaya bekerja keras untuk mengubah wajah tanah kosong menjadi lebih indah. "Saat ini baru sepertiganya yang kita selesaikan. Masih banyak yang belum," ujarnya.

Untuk Taman Harmoni, Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Chalid Bukhari menjelaskan akan dibuat bertema color block. "Nanti akan ada warna mulai merah, ungu, dan sebagainya. Dimana-mana belum ada yang seluas ini," terangnya.

3. Akan jadi wisata dunia

Risma Sulap TPA Menjadi Taman Bunga Kelas DuniaDok IDN Times/Istimewa

Risma berharap, ketika Taman Harmoni telah selesai dibangun akan dapat menjadi wisata kelas dunia. "Kalau kita konsisten ini bisa. Hal ini dikarenakan tamannya luas dan berkonsep," harapnya.

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, Pemkot Surabaya juga menggandeng beberapa pihak seperti Kementrian PUPR, UCLG, dan CSR-CSR dari pihak lainnya. Chalid berharap proyek ini akan dapat selesai secepatnya. "Semoga sebelum Bu Risma jabatan berakhir Taman Harmoni sudah selesai," harapnya.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya