Sama Kuat, Undecided Voters Jadi Kunci Kemenangan di Pilkada Jatim

Mereka bisa memaksimalkan kampanye saat libur lebaran

Surabaya, IDN Times – Menjelang hari H Pilkada Jawa Timur yang kurang dari sebulan lagi, persaingan antar calon kandidat semakin ketat. Hasil survei yang beragam belum bisa memastikan siapa yang akan menjadi gubernur Jatim selanjutnya. Pengamat politik Universitas Airlangga, Suko Widodo mengatakan bahwa persaingan antar calon semakin tak bisa ditebak. “Kalau melihat hasil survei, keadaannya masih imbang,” ujarnya.

1. Undecided voters jadi kunci

Sama Kuat, Undecided Voters Jadi Kunci Kemenangan di Pilkada JatimIDN Times/Rosa Folia

Suko menambahkan, selain memperkuat barisan pendukung, cara lain untuk mengunci kemenangan adalah dengan menyasar pemilih yang belum menentukan pilihannya atau undecided voters. Jumlah merekas saat ini diperkirakan sekitar 10 persen. “Jadi kuncinya ada di para undecided voters ini,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan oleh pengamat politik lain dari Universitas Airlangga, Novri Susan. Menurut dia, jumlah undecided voters yang semakin turun dari kisaran 20 persen menjadi 10 persen menunjukkan banyaknya masyarakat yang sudah menentukan pilihan. “Ada fase kosong saat libur lebaran. Mereka harus bisa menggenjot,” ujarnya.

2. Genjot suara di masing-masing basis

Sama Kuat, Undecided Voters Jadi Kunci Kemenangan di Pilkada JatimIDN Times/Rosa Folia

Selain undecided voters, Novri juga mengatakan bahwa kedua kandidat harus memaksimalkan suara di basis mereka masing-masing. “Jumlah basis massanya hampir serupa,” jelas Novri. Seperti yang tercantum pada hasil survei yang dilakukan Puspek Unair, basis suara pemilih Gus Ipul-Puti berada di kawasan Arek (Surabaya dan sekitarnya serta Malang Raya), Tapal Kuda (Pasuruan ke arah timur Jatim), dan Mataraman (kawasan barat Jatim). Sedangkan untuk pasangan Khofifah-Emil suara berasal dari kawasan Madura dan Mataraman pesisir (Tuban, Lamongan, Gresik).

3. Gus-Ipul puti lebih berpotensi meraup suara undecided voters

Sama Kuat, Undecided Voters Jadi Kunci Kemenangan di Pilkada JatimDok IDN Times/Istimewa

Penyebaran suara ternyata berpengaruh pada potensi perolehan suara tambahan. Novri menjelaskan bahwa basis suara yang menyeluruh milik Gus Ipul-Puti lebih berpotensi untuk mendapatkan suara dari undecided voters. Meskipun Khofifah-Emil mendapatkan jumlah suara yang cukup besar dari Madura dan Mataraman pesisir, namun hal itu justru menunjukkan sedikitnya kemungkinan meraih suara tambahan. “Kalau potensi meraih suara lebih besar ke nomor 2 karena pemetaan suaranya lebih menyeruluh,” pungkasnya.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya