Sambangi Surabaya, Jokowi Bagi-bagi Hadiah

Tebak-tebakan ikan menjadi idola

Surabaya, IDN Times - Sudah menjadi rahasia umum tiap bertandang ke suatu tempat maka Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo akan membagi-bagikan hadiah kepada para tamu undangan. Kali ini, seusai acara peluncuran aturan penurunan tarif pajak penghasilan UMKM di JX International, Jokowi membagikan hadiah dengan beberapa tantangan, pada Jumat (22/6).

1. Tantang pengunjung bacakan Pancasila

Sambangi Surabaya, Jokowi Bagi-bagi HadiahIDN Times/Fitria Madia

Tantangan pertama yang diajukan oleh Jokowi adalah membacakan pancasila. Para tamu undangan terlihat berebut mengacungkan tangan sembari memanggil-manggil nama Jokowi. Akhirnya pilihan Jokowi jatuh pada wanita berpakaian merah. Wanita yang diketahui bernama Yuli Kartini ini berhasil membacakan pancasila secara lantang. Sebagai hadiah, Jokowi akan memberikan sepeda angin bertuliskan "Hadiah Presiden Republik Indonesia". Namun ketika wanita pengusaha dari Tulungagung ini meminta swafoto, Jokowi bergurau "hadiahnya mau foto apa sepeda? Foto ya foto aja. Kalau sepeda ya sepeda aja," guraunya.

2. Ikan-ikanan pun tetap menjadi idola

Sambangi Surabaya, Jokowi Bagi-bagi HadiahIDN Times/Fitria Madia

Yang dinanti oleh para tamu undangan pun tiba yaitu tebak-tebakan ikan. Jokowi menantang para pelaku usaha tersebut untuk menyebutkan 10 jenis ikan yang ada di perairan Indonesia. Tantangan ini diterima oleh seorang wanita berjilbab hitam. Dengan antusias ia menebak 10 jenis ikan di perairan Indonesia. "Udang itu ikan bukan, ya Pak?" tanyanya kepada Jokowi yang hanya dijawab dengan gelengan kepala.

Akhirnya setelah ikan ke-10 yaitu ikan tongkol disebut, wanita bernama Girindra Negara Wardhani ini mendapat sepeda berwarna merah dan putih.

3. Bagi-bagi hadiah di masjid

Sambangi Surabaya, Jokowi Bagi-bagi HadiahIDN Times/Fitria Madia

Selain bagi-bagi di JX International, Jokowi juga membagikan hadiah selepas salat Jumat di Masjid Al-Akbar Surabaya. Para jamaah salat berebut bersalaman kepada Jokowi sembari meneriaki selamat ulang tahun. Akhirnya puluhan hadiah berupa kain batik dan buku berhasil dibagikan di tengah padatnya kerumunan.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya