Comscore Tracker

Suara 100 Persen untuk Salah Satu Paslon, Ini kata Bawaslu

#Pilkada2018 Waduh kok bisa ya?

Surabaya, IDN Times - Masyarakat mendadak gempar karena adanya temuan suara 100 persen untuk salah satu pasangan calon Pilgub Jatim 2018 pada salah TPS di Sampang dan Pamekasan. Ketika dikonfirmasi oleh IDN Times di kantornya, Komisioner Bawaslu Jatim Aang Khunaifi mengatakan bahwa permaslahan tersebut sudah teratasi. "Sudah dilakukan proses klarifikasi dan penghitungan ulang," terangnya, Sabtu (30/6).

1. Tidak ada indikasi kecurangan saat pemungutan

Suara 100 Persen untuk Salah Satu Paslon, Ini kata BawasluIDN Times/Abraham Herdyanto

Aang mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan klarifikasi terhadap tim pengawas yang

saat itu bertugas di TPS tersebut. Klarifikasi meliputi apakah ada oknum-oknum yang mempengaruhi pemilih atau netralitas KPPS. "Ternyata memang murni pilihan pemilih atau netralitas kppsnya," ujarnya. Ia menambahkan bahwa proses pemungutan suara telah terjadi dengan sebagaimana mestinya.

2. Kesalahan terjadi saat penghitungan suara

Suara 100 Persen untuk Salah Satu Paslon, Ini kata BawasluIDN Times/Fitria Madia

Berdasarkan keterangan pengawas di TPS, Aang mengatakan bahwa kesalahan terjadi saat proses penghitungan suara. "Ternyata kesalahan ada pada penulisan yang awalnya di paslon a pindah ke b. Tapi semalam sudah dilakukan proses penghitungan ulang," terangnya.

Aang menuturkan bahwa kesalahan seperti ini dianggap lumrah. Kesalahan hanya terjadi karena entri data penghitungan dan telah dapat terselesaikan dengan penghitungan ulang. "Jadi tidak perlu ada Pemungutan Suara Ulang," tutupnya.

3. Berbeda dengan kasus pilkada Bangkalan

Suara 100 Persen untuk Salah Satu Paslon, Ini kata BawasluIDN Times/Sukma Shakti

Aang mengatakan bahwa kasus suara 100 persen untuk pilgub Jatim berbeda dengan kasus pilbup Bangkalan. "Kalau Bangkalan itu sudah dicoblosi dulu surat suaranya jadi bermasalah di pemungutan suara. Kalau ini cuma di penghitungan saja," ternagnya. 

Topic:

  • Faiz Nashrillah
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya