Soekarwo Bentuk Satgas Percepatan Pemulihan Kota Malang

Agar kota Malang tak lagi malang

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur Soekarwo, kelabakan dengan pincangnya pemerintahan kota Malang. Ia pun gerak cepat untuk membentuk satuan tugas (satgas) guna menghidupkan lagi roda pemerintahan di kota Malang. "Saya mendapat tugas dari kemendagri untuk menjalankan diskresi," ujar Pak de Karwo, sapaan akrabnya, saat ditemui usai rapat paripurna di kantor DPRD Provinsi Jawa Timur, Rabu (5/9).

1. Adakan pertemuan seluruh stake holder

Soekarwo Bentuk Satgas Percepatan Pemulihan Kota MalangIDN Times/Fitria Madia

Soekarwo mengatakan ia sebagai perwakilan pemerintah pusat akan mengumpulkan pihak-pihak yang terlibat dalam pemerintahan kota Malang. Ia akan mengadakan pertemuan siang ini di gedung negara Grahadi. "Jam 12.30 saya mengumpulkan ketua2 partai di sini dengan KPU Provinsi dan mengundang Plt Wali kota dan melibatkan Kabag Pemerintahan dan Hukum dan sekwan dan Plt Ketua DPRD kota Malang," jelasnya.

2. Satgas sebagai bentuk diskresi

Soekarwo Bentuk Satgas Percepatan Pemulihan Kota MalangIDN Times/Fitria Madia

Satgas ini merupakan bentuk diskresi guna mempercepat pemulihan pemerintahan di kota Malang. Soekarwo mengatakan bahwa ia sudah menyiapkan konsep terkait percepatan ini. Terkait langkah ke depannya terhadap Penggantian Antar Waktu (PAW) akan dibahas di dalam rapat satgas nanti. "Saya harus mengambil keputusan gak bisa gak. Karena ini harus ada kepastian hukum agar tidak berhenti pemerintah daerah," tegasnya.

Baca Juga: Korupsi Berjemaah di Malang, ICW: Perlu Pembenahan Serius Parpol

3. Partai politik berperan penting

Soekarwo Bentuk Satgas Percepatan Pemulihan Kota MalangIDN Times/Fitria Madia

Ia mengundang para pemimpin partai tingkat daerah agar mempercepat penetapan PAW. Hal ini dikarenakan anggota dewan merupakan utusan dari partai-partai politik sehingga permasalahan anggota dewan juga harus diselesaikan bersama partai politik. "Karena fungsi partai adalah fungsi menampung aspirasi masyarakat yang disalurkan melalui fraksi. Makanya saya melibatkan para pimpinan partai untuk mempercepat PAW. Dan kalau PAW itu belum sangat segera kita bahas nanti," tuturnya.

Baca Juga: Tolak Uang Suap, Anggota DPRD Malang Sempat Terima Ancaman

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya