Surabaya Akan Bangun Jembatan Baru di Daerah Joyoboyo

Akan tersambung dengan terminal Joyoboyo

Surabaya, IDN Times - Sebentar lagi, Surabaya akan mempunyai jembatan baru di wilayah Joyoboyo. Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan bahwa rencana pembangunan tersebut akan dimulai tahun 2019.

1. Akan langsung terhubung dengan terminal Joyoboyo

Surabaya Akan Bangun Jembatan Baru di Daerah JoyoboyoIDN Times/Fitria Madia

Menurut Risma, jembatan sepanjang 175 meter ini dimulai dari Jalan Pulo Wonokromo dan akan berakhir sebelum SD Santo Yosep. Dengan lebar 19,5 meter, jembatan ini akan menjadi akses kendaraan besar seperti bus dan trem. "Nanti bisa langsung masuk terminal. Jadi Bus dan trem tidak usah lewat jalur utama kota," jelas Risma kepada wartawan, Senin (4/5).

Lanjut Risma, jembatan ini juga akan langsung terhubung dengan frontage road. Ia optimistis bahwa jembatan ini akan mempermudah akses masuk kota. "Nanti akan kita pelajari lagi berpengaruh di wilayah mana saja," ujarnya.

2. Jembatan teknologi tinggi dengan desain modern

Surabaya Akan Bangun Jembatan Baru di Daerah JoyoboyoIDN Times/Fitria Madia

Risma menambahkan bahwa nantinya jembatan ini juga akan diperindah dengan diorama. Diorama-diorama tersebut akan menceritakan kehidupan di kota Surabaya seperti gedung Siola, bambu runcing, dan ikon kota lainnya. Selain di jembatan, hiasan akan berada di sisi depan bawah jembatan yang berupa taman. Taman ini juga akan dilengkapi dengan air mancur dan tulisan Surabaya.

Ia menjelaskan bahwa teknologi yang digunakan di jembatan Joyoboyo akan berbeda. Ia akan menggunakan teknologi modern yaitu teknologi kabel

3. Tidak akan ganggu jembatan lama

Surabaya Akan Bangun Jembatan Baru di Daerah JoyoboyoIDN Times/Fitria Madia

Sebenarnya di Joyoboyo telah ada jembatan yang terdapat pipa saluran air PDAM. Namun Risma tidak berniat untuk mengubah bentuk jembatan lama tersebut. "Jembatannya kan bagus, heritage itu. Makanya kita lestarikan," ujarnya.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya