Comscore Tracker

2 Staf PT Adimulya Agrolestari Diperiksa Dugaan Suap Bupati Kuansing

KPK telusuri dugaan aliran dana suap pada pemeriksaan

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa dua staf PT Adimulya Agrolestari  pada Senin, 22 November 2021 sebagai saksi. Kedua saksi itu diperiksa terkait dugaan suap perpanjangan izin hak guna usaha (HGU) Sawit yang dilakukan Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Andi Putra (AP).

"(Pemeriksaan) bertempat di Gedung Merah Putih KPK," ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK bidang Penindakan, Ali Fikri, Selasa (23/11/2021).

1. KPK telusuri aliran dana suap

2 Staf PT Adimulya Agrolestari Diperiksa Dugaan Suap Bupati KuansingIlustrasi korupsi (IDN Times/Mardya Shakti)

Ali mengatakan kedua saksi tersebut memenuhi panggilan KPK. Tim Penyidik menggali sejumlah keterangan dari para saksi yang diperiksa

"Para saksi dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan dugaan aliran sejumlah dana baik yang diterima oleh tersangka AP maupun oleh pihak-pihak terkait lainnya dalam pengurusan izin HGU PT AA," jelas Ali.

Baca Juga: Unggahan di Medsos Viral, Ruang Tahanan Bupati Kuansing Digeledah KPK

2. Daftar saksi yang diperiksa KPK

2 Staf PT Adimulya Agrolestari Diperiksa Dugaan Suap Bupati KuansingGedung Merah Putih KPK dijaga oleh Polisi. (IDN Times/Aryodamar)

Berikut adalah daftar Staf PT Adimulya Agrolestari yang diperiksa KPK sebagai saksi:

  1. Riana Iskandar
  2. Rudi Ngadiman alias Koko

3. Bupati Andi Putra terjaring OTT KPK

2 Staf PT Adimulya Agrolestari Diperiksa Dugaan Suap Bupati KuansingBupati Kuantan Singingi (Kuansing) Andi Putra (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Dalam kasus ini Bupati Kuansing periode 2021-2026 Andi Putra (AP) telah ditetapkan KPK sebagai tersangka. Selain Andi, KPK menetapkan General Manager PT AA yakni SDR sebagai tersangka yang terjadiring Operasi Tangkap Tangan (OTT).

AP dan SDR sudah memiliki kesepakatan persetujuan agar perkebungan milik PT AA dijadikan perkebunan kemitraan dan AA diduga menerima uang Rp500 juta dari SDR.

Baca Juga: Bupati Kuansing Kena OTT KPK, Diduga Terkait Suap Izin Perkebunan

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya