3 Gerbong Kereta Anjlok Dibawa ke Depo KRL Bogor

Untuk sementara KRL hanya bisa menggunakan satu jalur

Jakarta, IDN Times - Proses evakuasi tiga gerbong Kereta Rel Listrik (KRL) relasi Jatinegara-Bogor yang anjlok pada Minggu (10/3) kemarin di kawasan Tanah Seral, Bogor, telah selesai dilakukan. Kini ketiga gerbong tersebut sudah dibawa ke Depo KRL di Bogor, Jawa Barat.

Wakil Presiden bidang Komunikasi PT Kereta Cepat Indonesia (PT KCI) Eva Chairunisa mengatakan, meski evakuasi gerbong sudah selesai, proses perbaikan prasarana perkeretaapian terus berlanjut.

"Perbaikan prasarana perkeretaapian seperti jaringan kabel Listrik Aliran Atas (LAA), jalur rel dan pemasangan tiang LAA yang terdampak peristiwa ini juga terus dilakukan oleh PT KAI Daop 1 dan PT KCI," jelas Eva melalui keterangan tertulis, Senin (11/3).

1. KRL Jakarta-Bogor hanya bisa menggunakan satu jalur bergantian

3 Gerbong Kereta Anjlok Dibawa ke Depo KRL BogorIDN Times/Irfan Fathurohman

Hingga saat ini, KRL Jakarta-Bogor hanya bisa menggunakan satu jalur bergantian karena proses perbaikan masih dilakukan.

"Untuk perjalanan KRL di lintas Bogor baru dapat dilayani menggunakan satu jalur bergantian," kata Eva.

2. Pemberangkatan dari Stasiun Bogor akan dialihkan melalui rekayasa pola operasi

3 Gerbong Kereta Anjlok Dibawa ke Depo KRL BogorIDN Times/Irfan Fathurohman

Dengan kondisi tersebut maka hanya sebagian KRL yang pemberangkatannya dapat dilakukan dari Stasiun Bogor, sementara sebagian perjalanan KRL lainnya yang biasanya dijadwalkan pemberangkatan dari Stasiun Bogor akan dialihkan melalui rekayasa pola operasi dengan pemberangkatan dari Stasiun Cilebut, Bojong Gede, Citayam dan Depok.

Rekayasa pola operasi tersebut dilakukan guna memaksimalkan layanan KRL pada Senin pagi, karena perbaikan satu jalur di area yang sebelumnya menjadi lokasi anjlok KA 1722 antara Stasiun Cilebut - Stasiun Bogor masih proses perbaikan.

3. Dua gerbong KRL yang mengarah ke Bogor terguling pada Minggu pagi

3 Gerbong Kereta Anjlok Dibawa ke Depo KRL BogorIDN Times/Irfan Fathurohman

Kereta Rel Listrik (KRL) relasi Jatinegara-Bogor mengalami anjlok, Minggu (10/3) pagi. Dua gerbong KRL yang mengarah ke Bogor itu terguling.

Peristiwa anjloknya KRL Jatinegara-Bogor terjadi di petak jalan antara Cilebut-Bogor sekitar pukul 10.15 WIB.

Polisi bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tengah menyelidiki penyebab anjloknya KRL tersebut.

"Penyebabnya masih penyelidikan, ada dari KNKT. Tim masih bekerja meneliti apa penyebab anjloknya kereta," ujar Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Hendri Fiuser.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya