Anies Baswedan: Jakarta Jadi Tuan Rumah Balap Mobil Formula E 2020!

Kira-kira jalan apa aja yang bakal disulap jadi sirkuit ya?

Jakarta, IDN Times – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Jakarta akan menjadi tuan rumah balapan Formula E musim 2020. Formula E adalah turnamen balapan paling bergengsi setelah Formula 1.

Jika mobil-mobil balap pada Formula 1 menggunakan bahan bakar konvensional, maka mobil-mobil balap di ajang Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik dan digelar di sirkuit jalan raya.

"Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan tahun 2020," demikian tulis Anies dalam akun Instagramnya, Minggu (14/7).

1. Negosiasi telah berlangsung selama tiga bulan

Anies Baswedan: Jakarta Jadi Tuan Rumah Balap Mobil Formula E 2020!Facebook.com/AniesBaswedan

Anies mengungkapkan negosiasi dengan pihak terkait agar Jakarta bisa menjadi salah satu tuan rumah balap mobil Formula E tidak mendadak. Sebab negosiasi sudah berlangsung sejak tiga bulan lalu. Bahkan, tim dari Formula E sudah datang khusus ke Jakarta untuk uji lapangan pada 8-9 Juli.

“Karena Jakarta berkompetisi dengan kota-kota besar dunia lainnya, maka semua dikerjakan dengan rapi, teliti, tertib dan tak banyak bicara. Jadwal dan rute perjalanan ditata dengan baik. Semua bahan telah disiapkan,” jelas Anies.

Baca Juga: Ini Daftar Pembalap & Tim F1 di Formula 1 Musim 2019

2. Karena negosiasi, Jakarta berhasil jadi tuan rumah

Anies Baswedan: Jakarta Jadi Tuan Rumah Balap Mobil Formula E 2020!Facebook.com/AniesBaswedan

Anies mengatakan negosiasi berlangsung antara dirinya dengan Alexandro Agag dan Alberto Longo, keduanya ada petinggi penting di ajang Formula E, secara bertatap muka langsung di New York, Amerika Serikat, Sabtu (13/7).

Negosiasi, menurut Anies, berujung manis. Para petinggi Formula E setuju Jakarta menjadi tuan rumah pada pertengahan 2020. 

“Ini artinya, mata dan kamera seluruh dunia akan datang dan menyorot Jakarta, ribuan penonton dari seluruh dunia akan hadir langsung. Jakarta akan berada di radar perhatian dunia,” jelas Anies.

3. Balap Formula E akan menggerakkan perekonomian Ibu Kota hingga Rp1,2 Triliun

Anies Baswedan: Jakarta Jadi Tuan Rumah Balap Mobil Formula E 2020!Facebook.com/AniesBaswedan

Menurut Anies, salah satu dampak yang akan dirasakan ketika Jakarta menjadi tuan rumah balap mobil Formula E adalah dari aspek ekonomi. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI itu mengklaim jika Jakarta menjadi tuan rumah balap mobil Formula E maka perekonomian Jakarta akan bertumbuh hingga triliunan.

“Menurut preliminary study, satu agenda balapan di Jakarta ini akan menggerakkan perekonomian Ibukota hingga lebih dari 78 juta Euro, atau Rp 1,2 triliun. Ini adalah kesempatan bagi kesejahteraan, lapangan usaha dan lapangan kerja bagi warga Jakarta pada khususnya dan Indonesia pada umumnya,” tulisnya.

Baca Juga: PSI DKI Tunggu Solusi Konkret Anies Tangani Polusi Udara Jakarta

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya