Comscore Tracker

Anies Bungkam Saat Ditanya Soal Hasil Survei Indo Barometer

Anies tersenyum kemudian melengos pergi meninggalkan pewarta

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan menanggapi hasil survei Indo Barometer yang menyebut Joko "Jokowi" Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok lebih sukses mengatasi masalah banjir saat menjadi gubernur ketimbang dirinya.

Bahkan, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu dua kali menolak menjawab pertanyaan wartawan terkait survei pada waktu yang berbeda. Pertama, Anies enggan memberi jawaban usai menghadiri acara penandatanganan kontrak antara PT MRT Jakarta dengan perusahaan Jepang Shimitsu Kobayashi yang dikonsorsium dengan PT Adhi Karya. Kedua, Anies juga bungkam ketika ditanya hal yang sama saat ditemui di Balai Kota DKI.

1. Wartawan mengejar Anies hingga depan gedung Wisma Nusantara

Anies Bungkam Saat Ditanya Soal Hasil Survei Indo BarometerIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Anies hadir dalam penandatanganan kontrak antara PT MRT Jakarta dengan perusahaan Jepang Shimitsu Kobayashi yang dikonsorsium dengan PT Adhi Karya. Dalam acara yang berlangsung di Stasiun MRT Bundaran HI itu, Anies sempat memberi sambutan dan menjawab pertanyaan terkait acara itu melalui sebuah konferensi pers.

Selesai konferensi pers ia beserta pihak lainnya langsung berjalan meninggalkan stasiun dengan naik eskalator, padahal belasan wartawan sempat meminta untuk waktunya untuk mengonfirmasi sejumlah hal.

"Pak, doorstop dong pak, sebentar," ucap sejumlah wartawan, Senin (17/2).

Anies hanya melambaikan tangan sambil naik ke atas. Tak puas dengan itu, beberapa wartawan mengikutinya hingga ke trotoar di jalan MH Thamrin. Ia sempat berhenti sejenak di depan Kedutaan Besar Jepang sebelum lanjut menyeberang menggunakan pelican crossing ke depan gedung Wisma Nusantara.

Sebelum masuk ke dalam, wartawan sempat mencegatnya dan menanyai sejumlah pertanyaan. Salah satu yang ditanya adalah polemik izin dari Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) dan Tim Sidang Pemugaran. Namun, ia hanya singkat memberi jawaban.

"Sudah dijelaskan pak Sekda kemarin," jawabnya.

Kemudian, wartawan meminta tanggapannya soal hasil survei yang dirilis Indo Barometer pada Minggu (16/2). Namun, ia hanya tersenyum sambil melengos masuk ke dalam. Sesaat kemudian rangkaian kendaraan gubernur keluar dari lokasi menuju Balai Kota yang berjarak sekitar 2,7 Km.

Baca Juga: Bela Anies, Bima Arya: Banjir Bukan Masalah Gubernur Saja

2. Anies kembali tak menjawab saat ditanya di Balai Kota

Anies Bungkam Saat Ditanya Soal Hasil Survei Indo BarometerIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Beberapa saat setelah sampai di Balai Kota, tampak rombongan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana di halaman depan. Para wartawan pun menunggu Nana dan Anies di Pendopo Balai Kota.

Pada pukul 12.00 WIB keduanya pun keluar. Mereka langsung menyampaikan apa yang dibicarakan di dalam. Anies mengatakan bahwa kehadiran Nana di kantornya hanya bentuk silaturahmi karena ia baru sebulan menjabat sebagai Kapolda. Setelah itu Anies langsung mengantar Nana ke mobil.

Saat hendak kembali ke dalam tempat kerjanya, Anies kembali dicegat wartawan kembali meminta tanggapan Anies soal survei Indo Barometer. Namun, ia kembali tak menjawabnya.

3. Kinerja Anies sebagai Gubernur DKI dinilai kalah dari Jokowi dan Ahok

Anies Bungkam Saat Ditanya Soal Hasil Survei Indo BarometerInstagram/@basukibtp

Seperti diberitakan sebelumnya, lembaga survei Indo Barometer merilis hasil survei yang dilakukan pada 9-15 Januari. Hasilnya hanya 4,1 persen responden yang menyebut masalah banjir berhasil ditangani Anies. Jumlah tersebut jauh lebih rendah ketimbang Jokowi dengan 25 persen dan Ahok 42 persen.

Baca Juga: Anies Dinilai Kalah dari Jokowi dan Ahok dalam Atasi Banjir

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya