Anies Janji Bagikan 20 Juta Masker Kain untuk Seluruh Warga Jakarta

Saat ini baru ada 1,5 juta masker kain yang siap

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji akan membagikan 20 juta masker secara gratis bagi seluruh warga Jakarta, dalam rangka mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

Hal tersebut diungkapkan Anies saat mengunjungi gudang PD Pasar Jaya di Jakarta Industrial Estate (JIEP), Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (29/4).

Baca Juga: Masker Kain 2 Lapis Sama Ampuhnya dengan Masker Bedah Menangkal Corona

1. Sebanyak 20 juta masker kain akan dibagikan kepada warga

Anies Janji Bagikan 20 Juta Masker Kain untuk Seluruh Warga JakartaBantuan untuk warga DKI Jakarta selama PSBB (Facebook/Pemprov DKI Jakarta)

Anies mengatakan, nantinya 20 juta masker kain itu akan dibagikan ke seluruh warga melalui masing-masing kelurahan hingga tingkat RT dan RW. Kemudian, setiap orang akan menerima satu paket plastik berisi dua masker.

"Jadi seluruh penduduk Jakarta akan mendapatkan dua masker kain yang wajib digunakan kalau meninggalkan rumah,” ujarnya.

2. Ada 1,5 juta masker kain yang siap didistribusikan

Anies Janji Bagikan 20 Juta Masker Kain untuk Seluruh Warga JakartaKardus berisi masker kain di gudang PD Pasar Jaya, Jakarta Industrial Estate (JIEP) Pulogadung, Jakarta Timur (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Menurut Anies, saat ini sudah ada 1,5 juta masker kain yang diprodukksi di gudang PD Pasar Jaya dan siap didistribusikan. Ia berharap, proses produksi hingga distribusi segera tuntas sehingga seluruh masyarakat dapat memanfaatkan masker kain tersebut dengan baik.

“Ini diberikan secara cuma-cuma, jadi tidak perlu membayar. Ini disiapkan oleh Pemprov DKI Jakarta dan akan diwajibkan bahwa semua orang menggunakan masker kalau keluar rumah,” ucapnya.

Berdasarkan data terbaru dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, jumlah penduduk DKI Jakarta tahun 2019 mencapai 11.063.324 jiwa, jumlah ini sudah termasuk WNA sebanyak 4.380 jiwa.

3. Pasien positif COVID-19 di Jakarta bertambah 83, total jadi 4.033 kasus

Anies Janji Bagikan 20 Juta Masker Kain untuk Seluruh Warga JakartaIlustrasi (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Jumlah kasus positif COVID-19 di Jakarta memang terus bertambah. Namun, pada Rabu (29/4), jumlah pasien positif yang dirawat berkurang. Pada sehari sebelumnya terdapat 2.024 kasus dirawat, kini berkurang 22 menjadi 2.002.

Jumlah pasien sembuh juga bertambah 71 orang dari 341 kasus menjadi 412. Sedangkan jumlah pasien meninggal akibat COVID-19 hari ini bertambah dua dari data yang dirilis Pemprov DKI Jakarta sebelumnya, dalam situs corona.jakarta.go.id.

Hingga saat ini, terdapat 1.238 kasus positif yang tercatat melaksanakan isolasi mandiri. Jumlah tersebut bertambah 32 kasus dari data sebelumnya yakni 1.206 kasus.

Secara keseluruhan jumlah pasien positif COVID-19 di Jakarta bertambah 83 kasus. Sebelumnya terdapat 3.950 orang, kini menjadi 4.033.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Rekrut 618 Relawan COVID-19, Ini Daftarnya

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya