Anies: Puluhan Ribu Pelajar dan Ratusan Sekolah Terdampak Banjir

Sekolah bisa dipakai pada Senin mendatang

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan ada puluhan ribu pelajar dan ratusan sekolah terdampak bencana banjir di ibu kota awal tahun ini. Ia pun memastikan Pemprov melalui Dinas Sosial telah menyiapkan bantuan.

"Ada 22.500 siswa yang terdampak dari banjir ini. Semua siswa yang rumah dan keluarganya terdampak banjir dan memerlukan pasokan kita siapkan, dari mulai pakaian alat tulis dan lainnya," ujar Anies usai kerja bakti pascabanjir di Kelurahan Makasar, Jakarta Timur, Minggu (5/1).

1. Ratusan sekolah terdampak banjir

Anies: Puluhan Ribu Pelajar dan Ratusan Sekolah Terdampak BanjirSDN Jatirasa V yang hancur tersapu banjir di Perumahan Pondok Gede Permai (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Bencana tersebut juga berdampak pada rusaknya ratusan sekolah yang ada di Jakarta. Anies mengungkapkan per hari ini terdapat 211 dari 2800 sekolah yang terdampak banjir, namun hampir seluruhnya sudah dibersihkan dari sisa-sisa banjir.

"Yang sudah surut airnya dan proses pembersihan itu 208 (sekolah) per tadi malam. Saya yakin hari ini sudah semuanya tuntas, jadi Insya Allah 211 sekolah itu sudah semuanya bebas," ujarnya.

2. Hari Senin sudah bisa dipakai bersekolah

Anies: Puluhan Ribu Pelajar dan Ratusan Sekolah Terdampak BanjirIDN Times/Candra Irawan

Pria 50 tahun itu yakin seluruh sekolah yang terdampak banjir sudah bisa digunakan untuk kegiatan belajar-mengajar meski kondisinya belum sempurna. Ia pun meminta seluruh Kepala Sekolah yang terdampak banjir untuk mengatur agar kegiatan sekolah berjalan lancar.

"Pasti akan ada pengaturan karena kelas-kelas yang masih proses pembersihan," ucap Anies.

3. Anies ikut kerja bakti selama lima jam

Anies: Puluhan Ribu Pelajar dan Ratusan Sekolah Terdampak BanjirIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Untuk segera membersihkan dampak banjir, Anies menginstruksikan seluruh jajarannya dan warga Jakarta untuk melaksanakan kerja bakti massal. Pantauan IDN Times di lokasi, ia ikut terlibat kerja bakti di Kelurahan Makasar, Jakarta Timur sejak pukul 06.00 WIB dan selesai sekitar pukul 12.00 WIB.

Baca Juga: Usai Jakarta Diterjang Banjir, Hari Ini Anies Ajak Warga Kerja Bakti

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya