Asian Games 2018 Berakhir, Kebijakan Ganjil-Genap JalanTerus

Meski dilanjut, ada beberapa perubahan, loh!

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan aturan gajil-genap akan tetap diberlakukan meskipun Asian Games 2018 telah berakhir pada Minggu (2/9). 

Kebijakan ganjil-genap ini, selain dinilai memudahkan kerja polisi lalu lintas, juga berhasil mengatasi kemacetan.

1. Aturan ganjil-genap dilanjutkan sampai Asian Para Games

Asian Games 2018 Berakhir, Kebijakan Ganjil-Genap JalanTerusANTARAFOTO/Izaac Mulyawan

Anies mengatakan kebijakan ganjil-genap akan dilanjutkan hingga Asian Para Games yang akan digelar mulai 13 Oktober mendatang. 

"Ini dilakukan untuk mempermudah pengelolaan lalu lintas dan menjaga kebiasaan yang sudah terbangun selama Asian Games. Kalau ada jeda lalu harus menegakkan aturan lagi akan ada perubahan kebiasaan lagi. Karena itu, tuntaskan sampai Asian Para Games usai," kata Anies Baswedan. 

Baca Juga: 1.012 Orang Langgar Ganjil Genap pada Hari Pertama Diberlakukan

2. Anies berharap warga menggunakan kendaraan umum

Asian Games 2018 Berakhir, Kebijakan Ganjil-Genap JalanTerusANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Lelaki berusia 49 tahun itu menilai kebijakan jangka pendek ini sudah berdampak positif. Untuk itu Anies berharap warga untuk lebih memanfaatkan fasilitas umum saat kebijakan ini berlangsung.

"Kami sampaikan terima kasih pada semua yang ikut menyukseskan Asian Games dengan cara tertib kebijakan ganjil-genap dan kami berharap warga Jakarta semakin memanfaatkan kendaraan umum," ujar Anies di Balai Kota, Jumat (31/8).

3. Ada beberapa perubahan wilayah ganjil-genap

Asian Games 2018 Berakhir, Kebijakan Ganjil-Genap JalanTerusAntara Foto/Yudhi Mahatma

Meski perluasan ganjil-genap tak dihentikan, terdapat perubahan di beberapa wilayah ganjil-genap usai Asian Games 2018 berakhir yakni ada wilayah yang tak lagi menjadi kawasan ganjil-genap secara permanen dan ada yang hanya selama September saja.

Jalan Metro Pondok Indah sudah tidak meneruskan rute ganjil-genap karena wilayah tersebut tidak akan dilalui oleh peserta maupun panitia Asian Para Games 2018. Lalu, jalan Benyamin Sueb di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat tidak akan meneruskan rute ganjil-genap selama September hingga menjelang Asian Para Games 2018 berlangsung. Sehingga ketika Asian Para Games 2018 berlangsung wilayah Benyamin Sueb akan kembali diberlakukan ganjil-genap.

Jika selama Asian Games 2018 wilayah ganjil-genap berlangsung tiap hari, selama masa perpanjang kebijakan ganjil-genap tidak akan berlaku pada Sabtu dan Minggu. Waktu pelaksanaannya pun tetap sama yakni mulai pukul 06.00-21.00. Kebijakan ini pun tidak berlaku pada jalur pintu masuk dan keluar tol hingga persimpangan terdekat.

Baca Juga: Apakah Mobil Dinas Berlaku Aturan Ganjil Genap? Ini Penjelasan Polisi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya