Atasi Virus Corona, SBY Minta Pemerintah dan Masyarakat Bersinergi

SBY minta Indonesia lebih sigap dan serius hadapi COVID-19

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan ada beberapa masalah global yang dihadapi Indonesia, seperti virus corona dan ekonomi global. Bahkan, virus corona memaksa Partai Demokrat menggelar kongres secara sederhana dan dalam waktu singkat.

"Semua tahu, saat ini sedang terjadi wabah virus korona di seluruh dunia. Bersamaan dengan itu, perekonomian global juga tengah mengalami goncangan. Negara kita, Indonesia pun tidak kebal dan mulai merasakan dampaknya," ujar SBY dalam pidato pembukaan Kongres Partai Demokrat di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (15/3).

1. Pelaksanaan kongres Partai Demokrat diperketat

Atasi Virus Corona, SBY Minta Pemerintah dan Masyarakat BersinergiKader Demokrat diminta mengecek suhu dan cuci tangan sebelum masuk ke area Kongres (IDN Times/Gregorius Aryodamar P.)

Selain mempersingkat waktu pelaksanaan, Partai Demokrat juga memperketat pelaksanaan kongres akibat merebaknya virus corona. Salah satu caranya dengan menjalankan protokol penanganan virus corona, seperti pengecekan suhu tubuh dan penyediaan hand sanitizer di berbagai sudut.

Panitia juga tak bosan-bosan mengingatkan agar peserta kongres patuh terhadap protokol serta mengimbau untuk tak menjabat tangan dan berpelukan demi mencegah penularan virus corona.

"Panitia harus memproteksi semua peserta kongres, agar terjaga keselamatannya," ujar SBY.

2. SBY sudah komunikasi dengan Jokowi hingga Anies demi kongres

Atasi Virus Corona, SBY Minta Pemerintah dan Masyarakat BersinergiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Selain memperketat protokol keamanan, SBY mengaku telah berkomunikasi dengan sejumlah pihak dari berbagai lembaga seperti Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Kapolri Idham Azis.

"Saya pribadi sudah berkomunikasi langsung dengan Presiden Jokowi, Menteri Kesehatan Terawan, Kapolri Jenderal Idham Azis, Gubernur DKI Jakarta Profesor Anies Baswedan, dan Ketua Satgas Penanggulangan Virus Korona Letnan Jenderal Doni Monardo, menyangkut hajat kita ini," kata SBY.

3. Indonesia harus serius dan sigap dalam hadapi virus corona

Atasi Virus Corona, SBY Minta Pemerintah dan Masyarakat Bersinergi(Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Presiden keenam Indonesia ini mengimbau semua pihak agar tidak lengah dan lalai dalam melawan virus corona Ini. Menurutnya Indonesia harus serius, sigap, dan melakukan langkah nyata dalam menghadapi vius bernama COVID-19 ini.

"Pemerintah, masyarakat, kita semua, harus bersinergi dan bekerja sama. Saya yakin ini pula lah harapan rakyat kita," ujarnya.

Baca Juga: SBY Kenang Ani Yudhoyono dalam Pembukaan Kongres V Partai Demokrat

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya