Awal Februari, Anies Terima 2 Nama Cawagub Pengganti Sandiaga

Tiga Cawagub DKI segera melakukan fit and proper test.

Jakarta, IDN Times - Pencarian Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru sebagai pengganti Sandiaga Uno mulai menemukan titik terang. Sebab, pimpinan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan DPD Partai Gerindra telah sepakat akan mengajukan dua nama calon wakil gubernur kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Akan tetapi sebelum diperkenalkan kepada Gubernur, ketiga Cawagub DKI akan lebih dulu diperkenalkan kepada fraksi-fraksi di DPRD DKI serta melakukan uji kelayakan dan kepatutan.

1. Kesepakatan berlangsung di kantor DPW PKS DKI Jakarta

Awal Februari, Anies Terima 2 Nama Cawagub Pengganti Sandiaga(Ketua DPW PKS DKI Jakarta Sakhir Purnomo ) IDN Times/Gregorius Aryodamar

Ketua Umum DPW PKS DKI Jakarta Sakhir Purnomo mengatakan bahwa kesepakatan antara PKS-Gerindra berlangsung di kantor DPW PKS DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (21/1). Selain membuat kesapakatan tersebut, PKS-Gerindra juga membahas rencana pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan.

"Target pengajuan dua nama calon wakil gubernur sangat diharapkan sudah dikirim kepada Gubernur DKI pada Senin, 11 Februari 2019," kata Sakhir seperti dilansir kantor berita Antara.

2. Uji kelayakan dan kepatutan dilakukan segera

Awal Februari, Anies Terima 2 Nama Cawagub Pengganti SandiagaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Selain itu, PKS-Gerindra mengungkapkan bahwa mereka akan melaksanakan uji kepatutan dan kelayakan sedini mungkin sebelum dua nama yang tersaring dikirim ke Anies.

"Fit and proper test akan dilaksanakan oleh tim panelis yang diajukan oleh Partai Gerindra dan PKS masing-masing dua orang," ujarnnya.

Baca Juga: PKS Setorkan Dua Nama Cawagub DKI, Ini Respons Anies Baswedan

3. Gerindra-PKS akan bertemu panelis Rabu mendatang

Awal Februari, Anies Terima 2 Nama Cawagub Pengganti SandiagaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Rencananya pimpinan Gerindra-PKS akan mengatakan pertemuan dengan tim panelis uji kelayakan dan kepatutan pada Rabu, 23 Januari 2019 pukul 10.00 di Hotel Arya Duta, Jakarta Pusat.

"Sementara waktu penyelenggaraan fit and proper test dilaksanakan fleksibel sesuai dengan kesediaan waktu tim panelis dengan tetap memperhatikan target waktu tersebut," kata Sakhir.

4. Tim panelis berasal dari kalangan profesional

Awal Februari, Anies Terima 2 Nama Cawagub Pengganti SandiagaIDN Times/Afriani Susanti

Tim panelis yang diajukan PKS-Gerindra merupakan kalangan profesional. PKS mengirimkan mantan Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birkorasi (PAN-RB) Eko Prasojo dan Dosen Universitas Negeri Jakarta Ubedillah Badrun.

Sementara itu, Gerindra menunjuk Peneliti Senior LIPI Siti Zuhro dan Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Syarief.

5. Tiga Cawagub yang diajukan akan disaring menjadi dua sebelum diberikan ke Anies

Awal Februari, Anies Terima 2 Nama Cawagub Pengganti SandiagaInstagram/@agungy

Terdapat tiga nama yang diajukan PKS untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan yakni mantan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu, Sekretaris DPW PKS DKI Agung Yulianto, dan Ketua Dewa Syariah DPW PKS Abudrrahman Suhaimi.

Dari ketiga nama tersebut akan disaring menjadi dua nama yang akan diajukan ke Anies pada awal Februari mendatang. Selanjutnya dari dua nama yang lolos akan dipilih salah satu oleh DPRD DKI Jakarta dengan mekanisme pemungutan suara.

Baca Juga: 3 Kandidat Cawagub DKI Segera Diseleksi dan Uji Kelayakan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya