BPBD DKI: Jakarta Banjir karena Air Antre Terlalu Lama

"Volume air tak sebanding dengan mulut tali air"

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta Subejo mengatakan salah satu penyebab banjir di Jakarta adalah curah hujan yang tinggi sehingga air mengantre terlalu lama.

"Volume air banyak, tapi tidak sebanding dengan mulut-mulut tali air menuju ke saluran penghubung," ujarnya saat dihubungi wartawan Rabu (18/12).

1. Bantaran Kali Ciliwung rawan banjir

BPBD DKI: Jakarta Banjir karena Air Antre Terlalu Lama(Pintu Air Manggarai) IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Subejo memaparkan ada 25 lokasi rawan banjir di ibu kota. Menurutnya lokasi paling rawan terdapat di bantaran Sungai Ciliwung.

"(Lokasi paling rawan) di sekitar bantaran kali kayak Ciliwung. Cekungan seperti Petogogan," jelasnya.

Baca Juga: Jakarta Banjir, Jokowi: Kalau Tidak Pindah Ibu Kota, Ya Akan Sulit 

2. Pemprov akan kerja bakti besar

BPBD DKI: Jakarta Banjir karena Air Antre Terlalu LamaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sementara itu, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengatakan untuk mengatasi banjir di ibu kota, Pemprov DKI akan melakukan kerja bakti pada Minggu (22/12) mendatang.

"Jadi hari Minggu besok kita mau kerja bakti besar melibatkan semua komponen kita di provinsi," kata Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta.

Menurut Saefullah, kerja bakti itu merupakan salah satu upaya pemerintah untuk bersiap menghadapi potensi banjir yang akan terjadi kedepannya.

"Kemarin kan cukup besar tuh walaupun durasinya pendek kan kita gak tahu ke depan mau ada intensitas hujan seperti apa durasinya kita juga gak tahu jadi kita antisipasi," katanya.

3. Banjir diklaim sudah surut sejak pukul 20.00 WIB

BPBD DKI: Jakarta Banjir karena Air Antre Terlalu LamaBanjir di depan Plaza Senayan sudah surut (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Mantan Wali Kota Jakarta Pusat itu mengklaim banjir di Jakarta hanya berlangsung sebentar usai petugas terkait bekerja cepat di belasan titik genangan.

"Jadi malam jam 8 juga uda beres semua sebetulnya," katanya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Keluhkan Banjir Jakarta, Twit Tsamara Amany Ramai Komen Anies vs Ahok

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya