Bupati Purworejo Lapor KPK Punya Mini Cooper Rp250 Juta, Murah Banget!

Bupati Agus Bastian punya total kekayaan Rp10,2 miliar

Jakarta, IDN Times - Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi, Bupati Purworejo Agus Bastian, menyampaikan ia punya tujuh kendaraan per 2020. Salah satu kendaraan yang dimiliki adalah Mini Cooper countryman.

Di LHKPN, mobil tersebut tercatat seharga Rp250 juta. Padahal, harga Mini Cooper jenis yang sama di salah satu e-commerce setidaknya seharga Rp350 juta.

Baca Juga: Komnas Perempuan Ungkap Alasan Desa Wadas Keberatan Lokasi Tambang

1. KPK dinilai perlu melakukan verifikasi harta

Bupati Purworejo Lapor KPK Punya Mini Cooper Rp250 Juta, Murah Banget!Koordinator MAKI Boyamin Saiman (IDN Times/Aryodamar)

Koordinator Masyarakat Antikorupsi (MAKI) Boyamin Saiman angkat bicara mengenai hal ini. Ia menilai harga mobil itu terlalu murah, terlebih pemiliknya adalah seorang bupati.

"Kalau ada yang melaporkan dengan harga Rp250 juta itu beda jauh, apalagi sekelas bupati (yang) mobilnya dirawat," ujar Boyamin saat dihubungi IDN Times, Sabtu (12/2/2022).

Menurut dia, KPK perlu mengoreksi temuan itu kepada Bupati Agus. Sebab, KPK harus melakukan verifikasi harta yang dilaporkan penyelenggara setiap tahunnya.

2. KPK bakal minta laporan kekayaan yang keliru direvisi

Bupati Purworejo Lapor KPK Punya Mini Cooper Rp250 Juta, Murah Banget!Plt Juru Bicara Bidang Pencegahan KPK Ipi Maryati (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Sementara, Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK bidang Pencegahan, Ipi Maryati, mengatakan pihaknya setiap tahun selalu melakukan verifikasi terhadap laporan harta penyelenggara negara. Apabila ditemukan kekeliruan, KPK akan meminta penyelenggara negara memperbaikinya.

"Setiap tahun KPK menerima sekitar 377 ribu LHKPN," kata Ipi saat dikonfirmasi IDN Times.

Meski ada kekeliruan laporan, tak semuanya akan didalami KPK. Namun, pendalaman akan dilakukan apabila ada permintaan atau kebutuhan tertentu.

"KPK dapat melakukan pemeriksaan substantif dengan melakukan analisis kewajaran harta dan kesesuaian profil, penelusuran transaksi keuangan, dan lainnya. KPK juga dapat melakukan pemeriksaan dengan konfirmasi kepada instansi terkait, seperti BPN terkait aset tanah, Dispenda untuk kendaraan, atau lembaga perbankan untuk kepemilikan rekening," ujar Ipi.

Baca Juga: Disorot karena Kasus Wadas, Berapa Harta Ganjar dan Bupati Purworejo?

3. Bupati Agus punya total kekayaan mencapai Rp10,2 miliar

Bupati Purworejo Lapor KPK Punya Mini Cooper Rp250 Juta, Murah Banget!IDN Times/Dhana Kencana

Diketahui, Agus tercatat punya kekayaan senilai total Rp10,2 miliar. Jumlah tersebut terdiri dari 12 tanah dan bangunan senilai total Rp8 miliar yang tersebar di Bantul, Banyumas, hingga Yogyakarta.

Kader Partai Demokrat ini tercatat juga memiliki tujuh kendaraan senilai total Rp1miliar. Tujuh kendaraan tersebut antara lain:

Harley Davidson 2013: Rp175 juta
Land Cruiser 1981: Rp35 juta
Kymco: 1,5 juta
Honda Jazz: Rp185 juta
Jeep Wrangler 2014: Rp250 juta
Mini Cooper countryman: Rp250 juta
Camry: Rp150 juta.

Selain itu, Bupati Agus tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp257,5 juta serta kas dan setara kas senilai Rp908,9 juta. Ia juga punya utang Rp4,6 juta, sehingga total kekayaannya mencapai Rp10,2 miliar.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya