Copot Brigjen Endar dari KPK, Novel Baswedan: Firli Memang Arogan!

KPK tetap copot Brigjen Endar meski ditugasi Kapolri

Jakarta, IDN Times - Eks Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan angkat bicara soal pencopotan Brigjen Endar Priantoro dari posisinya sebagai Direktur Penyelidikan. Novel menilai hal itu membuktikan Ketua KPK Firli Bahuri arogan.

"Dari kejadian sekarang ini membuat publik paham bahwa Firli Bahuri memang arogan dan tidak peduli dengan kaidah hukum," ujar Novel kepada wartawan, Rabu (5/3/2023).

"Cuma kali ini arogansi Firli Bahuri ini dilakukan terhadap Kapolri dan korbannya adalah EP (Endar Priantooro)," lanjut dia.

1. Novel Baswedan sebut seharusya tidak ada masalah masa tugas di KPK

Copot Brigjen Endar dari KPK, Novel Baswedan: Firli Memang Arogan!Mantan Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi, Novel Baswedan (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Novel menilai, seharusnya tidak ada permasalahan masa tugas Endar Priantoro di KPK. Sebab, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah menugaskan Endar kembali di KPK.

"Memang Surat Tugas EP berakhir pada tanggal 31 Maret, tetapi Kapolri sudah mengeluarkan Surat Tugas baru pada tanggal 29 Maret. Jadi isu yg dikatakan Pimpinan KPK bahwa masa tugas habis itu tidak benar. Menurut saya justru kebohongan publik," ujar Novel.

Baca Juga: Paksa Copot Brigjen Endar, KPK Terancam Ditinggal Penyidik dari Polri 

2. KPK sebut masa tugas Brigjen Endar sudah berakhir

Copot Brigjen Endar dari KPK, Novel Baswedan: Firli Memang Arogan!Juru Bicara KPK Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Juru Bicara KPK Ali Fikri menegaskan, pencopotan Endar Priantoro dari Direktur Penyelidikan karena masa tugas yang sudah berakhir per 31 Maret 2023. KPK pun tidak berupaya memperpanjang tugas Endar.

"KPK tidak mengajukan perpanjangan akan tetapi sebagai apresiasi atas pengabdiannya maka diajukan promosi jabatan untuk Dirlid di Polri. Surat usulan sejak 4 bulan sebelum habis masa penugasan tepatnya diajukan KPK di bulan November 2022," ujar Ali.

3. KPK tetap copot Brigjen Endar meski ditugasi Kapolri

Copot Brigjen Endar dari KPK, Novel Baswedan: Firli Memang Arogan!Brigjen Pol Endar Priantoro (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Sebelumnya, KPK tetap mencopot Endar sebagai Direktur Penyelidikan meski Kapolri Jenderal Listyo Sigit tetap menugaskannya di KPK. Sekjen KPK Cahya Harefa menyebut pengabdian Endar di KPK berakhir per 31 Maret 2023.

Untuk mengisi kekosongan jabatan, pimpinan KPK menunjuk Jaksa Ronald Worotikan sebagai pelaksana tugas.

Baca Juga: Dicopot, Brigjen Endar Laporkan Ketua KPK ke Dewan Pengawas

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya