Comscore Tracker

Dikritik Trinity, Ini Prosedur Kedatangan di Terminal 3 Bandara Soetta

Wajib swab test kalau gak mau dikarantina!

Jakarta, IDN Times - PT Angkasa Pura II menyampaikan telah menyiapkan sejumlah prosedur protokol kesehatan yang harus dilakukan penumpang internasional yang baru datang dari luar negeri. Protokol kesehatan ini berlaku di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Penanganan kedatangan penumpang internasional di Bandara Soekarno-Hatta dilakukan oleh Satgas Udara dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, yang terdiri dari unsur gabungan yakni PT Angkasa Pura II, TNI, Polri, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan, Kantor Otoritas Bandara, Kantor Imigras, serta Bea dan Cukai.

VP Corporate Communication PT Angkasa Pura II, Yado Yarismano, mengatakan prosedur untuk penumpang kedatangan internasional dibagi menjadi dua, yakni yang sudah melakukan PCR test dan yang belum.

1. Prosedur yang harus dilakukan apabila penumpang kedatangan internasional telah membawa hasil PCR test

Dikritik Trinity, Ini Prosedur Kedatangan di Terminal 3 Bandara SoettaIlustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Berikut adalah prosedur yang harus dilalui penumpang yang membawa surat hasil PCR test dari negara asal:
1. Pengecekan suhu tubuh dan saturasi oksigen
2. Pemeriksaan dokumen kesehatan (surat hasil PCR test, HAC, form epidemiologi)
3. Proses imigrasi
4. Pengambilan bagasi
5. Keluar terminal

Baca Juga: Keluhkan Pelayanan Bandara Soetta, Trinity: Gue Rasanya Kayak Sampah

2. Prosedur yang harus dilakukan apabila penumpang kedatangan internasional tidak membawa hasil PCR test

Dikritik Trinity, Ini Prosedur Kedatangan di Terminal 3 Bandara SoettaIlustrasi Bandara Soekarno-Hatta (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Berikut adalah prosedur yang harus dilalui bagi yang tidak membawa surat hasil PCR test dari negara asal:
1. Pengecekan suhu tubuh dan saturasi oksigen
2. Rekomendasi karantina
3. Pemilihan tempat karantina
4. Proses imigrasi
5. Pengambilan bagasi
6. Tes PCR dari lokasi karantina
7. Proses klirens

3. PT Angkasa Pura II memastikan akan selalu mempublikasikan prosedur secara rutin

Dikritik Trinity, Ini Prosedur Kedatangan di Terminal 3 Bandara SoettaIlustrasi Bandara Soekarno-Hatta (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan, PT Angkasa Pura II selaku pengelola bandara secara rutin melakukan sosialisasi dan publikasi terkait prosedur tersebut dan juga menyiapkan fasilitas agar prosedur dijalankan lancar. Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan beragam fasilitas untuk mendukung agar prosedur kedatangan berjalan lancar.

“Kami akan memperbaiki apa yang dirasa kurang oleh penumpang,” jelas Agus Haryadi melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Minggu (27/9/2020).

4. Pelayanan di Soekarno-Hatta sempat dikritik

Dikritik Trinity, Ini Prosedur Kedatangan di Terminal 3 Bandara SoettaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sebelumnya travel blogger Ade Perucha Hutagaol atau Trinity mengeluhkan penanganan penumpang pesawat dari luar negeri ketika mendarat di Badanra Soekarno-Hatta Terminal 3. Hal tersebut ia ungkapkan melalui sebuah utas di akun Twitter @TrinityTraveler.

Ia antara lain mengeluhkan tidak adanya arahan yang jelas di bandara kepada para penumpang. Selain itu para petugas juga dinilai kurang ramah.

"Gue rasanya kayak sampah! Kita semua kayak lautan pengungsi ilegal yang didudukin! Gimana perasaan WNA coba?" demikian tulis Trinity.

Baca Juga: Keluhkan Pelayanan Bandara Soetta, Trinity: Gue Rasanya Kayak Sampah

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya