Dirut Nonaktif Taspen Antonius Kosasih Diperiksa KPK

Kosasih diperiksa dalam kasus investasi fiktif

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama nonaktif PT Taspen, Antonius NS Kosasih, diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia diperiksa terkait dugaan investasi fiktif di PT Taspen.

"Hari ini Tim Penyidik menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan saksi," ujar Juru Bicara KPK Ali Fikri, Selasa (7/5/2024).

Baca Juga: KPK Usut Dugaan Investasi Fiktif Rp1 Triliun PT Taspen

1. Antonius Kosasih masih diperiksa

Dirut Nonaktif Taspen Antonius Kosasih Diperiksa KPKJubir KPK, Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Ali mengatakan, Antonius Kosasih masih diperiksa sebagai saksi. Ia sudah tiba di KPK dan tengah menjalani pemeriksaan penyidik.

"Yang bersangkutan sudah hadir sekitar jam 11.00 WIB," ujar Ali.

2. KPK sudah tetapkan tersangka

Dirut Nonaktif Taspen Antonius Kosasih Diperiksa KPKGedung KPK (IDN Times/Aryodamar)

KPK diketahui tengah mengusut dugaan korupsi investasi fiktif di PT Taspen. Sudah ada pihak yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini, namun belum diungkapkan kepada publik.

Sejauh ini, kerugian negara ditaksir mencapai ratusan miliar rupiah. Jumlah pastinya belum diumumkan karena masih dalam tahap pemeriksaan.

Baca Juga: Komisaris Independen BTN Dicecar Penyidik KPK soal Investasi Taspen

3. Antonius Kosasih dicegah ke luar negeri

Dirut Nonaktif Taspen Antonius Kosasih Diperiksa KPKDirektur Utama PT Taspen (Persero), Antonius NS Kosasih. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Sementara penyidikan berlangsung, KPK telah mengajukan pencegahan Antonius Nicholas Kosasih ke luar negeri. Berdasarkan informasi yang dihimpun, Kosasih bukan satu-satunya sosok yang dicegah ke luar negeri terkait hal ini. Direktur Utama PT Insight Investment Management Ekiawan Heri Primaryanto juga dicegah.

KPK juga sempat menggeledah kantor PT Taspen dan sejumlah kantor swasta di Jakarta. Dari penggeledahan itu, KPK menyita sejumlah bukti elektronik dan dokumen keuangan yang akan dianalisis.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya