Comscore Tracker

Ditunjuk Jadi Calon Wagub DKI, Riza Patria Siap Mundur dari DPR

Gerindra-PKS telah bersepakat soal Cawagub DKI Jakarta

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP Gerindra bidang Kajian Kebijakan Politik Ahmad Riza Patria resmi diajukan partainya dan Partai Keadilan Sejahtera sebagai salah satu calon Wakil Gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno.

Riza saat ini merupakan Wakil Ketua Komisi II DPR. Saat dihubungi wartawan pada Selasa (21/1), Riza mengaku siap melepaskan posisinya sebagai anggota DPR bila DPRD DKI memilihnya sebagai pengganti Sandiaga.

"Ya sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku, dan PKPU yang ada, bagi anggota DPR, DPRD, PNS, TNI, Polri maupun BUMN, dan BUMD, apabila mencalonkan sebagai kepala atau wakil kepala daerah dia harus mengundurkan diri," ujarnya.

1. Riza Patria sudah siap menjadi pendamping Anies Baswedan

Ditunjuk Jadi Calon Wagub DKI, Riza Patria Siap Mundur dari DPRGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu 8 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Riza mengaku telah siap apabila DPRD memilihnya mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada sisa periode yang akan berakhir pada 2022 ini. Sebab, keputusan tersebut merupakan amanat partainya.

"Bagi saya sebagai kader partai saya mengikuti melaksanakan apa yang diperintahkan oleh partai," jelasnya.

Baca Juga: Gerindra-PKS sepakat usung Riza Patria dan Nurmansyah Jadi Cawagub DKI

2. Riza Patria pernah menjadi calon wakil gubernur

Ditunjuk Jadi Calon Wagub DKI, Riza Patria Siap Mundur dari DPR(Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria) IDN Times/Irfan Fathurohman

Riza bukanlah sosok baru di ibu kota. Pada pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012 lalu ia pernah mencalonkan diri sebagai wakil gubernur berpasangan dengan Hendardji Soepandji lewat jalur independen.

Pasangan Hendra-Riza saat itu gagal pada putaran pertama lantaran hanya berhasil meraih 1,98 persen suara rakyat Jakarta.

3. Kader PKS juga ditunjuk sebagai Cawagub DKI Jakarta

Ditunjuk Jadi Calon Wagub DKI, Riza Patria Siap Mundur dari DPR(Nurmansjah Lubis) Dok. Istimewa

Selain Riza, Gerindra-PKS juga bersepakat menunjuk kader PKS Nurmansjah Lubis sebagai pesaingnya. Hal tersebut diumumkan langsung oleh Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco.

"Dalam surat ini juga telah menyetujui dan mengusulkan dua nama, untuk dijadikan calon Wakil Gubernur DKI, yaitu Nurmansjah Lubis dari PKS, dan Ahmad Riza Patria dari Gerindra," ujarnya di ruang fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta, Senin (21/1).

Baca Juga: Ditanya Resolusi 2020, Anies Aminkan Punya Wagub  

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya