Djarot Saiful Hidayat: Anies Harus Segera Punya Wakil Gubernur

Sudah 549 hari Anies seorang diri memimpin Jakarta

Jakarta, IDN Times - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menilai Anies Baswedan saat ini sudah harus memiliki wakil gubernur yang menggantikan Sandiaga Uno dalam mengurus ibu kota.

"Meskipun sendiri masih bisa, tapi mesti luar biasa kalau bisa ditetapkan sekarang," ujar Djarot saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat pada Senin (12/2).

1. Djarot percaya dengan kualitas cawagub DKI

Djarot Saiful Hidayat: Anies Harus Segera Punya Wakil GubernurIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Djarot mengatakan, dengan kualitas yang dimiliki Ahmad Riza Patria dan Nurmansjah Lubis sebagai calon wakil gubernur, dia percaya bahwa ini merupakan pilihan terbaik dari Gerindra dan PKS selaku pengusung. Ia berharap DPRD DKI Jakarta dapat memberi penilaian yang objektif pada dua kandidat ini.

"Sekarang silakan saja kepada mekanisme di DPRD," jelas Djarot.

Baca Juga: Cawagub DKI Riza Patria Klaim Sudah Didukung Golkar dan PAN

2. Wakil gubernur baru harus sejalan dengan gubernur, tak boleh jalan masing-masing

Djarot Saiful Hidayat: Anies Harus Segera Punya Wakil GubernurIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Ketua DPP PDI Perjuangan ini menilai fungsi seorang wakil gubernur adalah untuk menjalankan kerja gubernur dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada seperti banjir, macet, dan sampah. Sehingga antara gubernur dan wakil tidak boleh jalan sendirian.

"Maka dua-duanya, gubernur dan wakil gubernur harus jadi satu kesatuan," jelasnya.

3. Anies sudah tak punya wagub selama 549 hari

Djarot Saiful Hidayat: Anies Harus Segera Punya Wakil Gubernur(Sandiaga Uno berpelukan dengan Anies Baswedan di kantor Balai Kota) www.instagram.com/@sandiuno

Sudah 549 hari Anies tidak memiliki wakil gubernur sepeninggal Sandiaga yang pada saat itu mundur dari jabatan lantaran dipinang Prabowo Subianto untuk menjadi calon wakil presiden 2019-2024.

Gerindra dan PKS selaku pengusung Anies-Sandiaga sempat bersepakat menunjuk Ketua DPW PKS Jawa Barat Ahmad Syaikhu dan Sekretaris DPW PKS Jakarta Agung Yulianto sebagai bakal calon. Namun, keduanya tak kunjung diproses hingga akhirnya Gerindra mengajukan empat nama bakal calon wagub DKI.

Akhirnya Gerindra-PKS bersepakat mengajukan masing-masing satu kadernya yakni Riza Patria dan Nurmansjah Lubis.

Baca Juga: Jakarta Banjir Lagi, Anies Salahkan Cuaca Ekstrem dan Letak di Pesisir

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya