Dugaan Korupsi di DJKA, Sekjen Kemenhub Kembali Dipanggil KPK

KPK telah menetapkan dua tersangka baru

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil Sekjen Kementerian Perhubungan Novie Rianto. Ia dijadwalkan diperiksa sebagai saksi untuk dua tersangka baru dugaan korupsi di Ditjen Perkeretaapian.

"Tim penyidik menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan saksi Sekjen Kemenhub Novie Riyanto," ujar juru bicara KPK Ali Fikri, Kamis (18/1/2024).

Sebelumnya, KPK menetapkan dua tersangka baru dalam kasus DJKA Kemenhub. Ali mengatakan, keduanya merupakan aparatur sipil negara.

Namun, Ali tak memerinci siapa tersangka baru tersebut. Sebab, hal itu dilakukan ketika KPK menahan para tersangka.

Total sudah ada 12 tersangka dalam kasus ini. Sebelumnya, KPK telah menetapkan 10 tersangka yang kini telah menjalani persidangan di PN Tipikor Semarang, Jawa Tengah.

Mereka adalah Dion Renato Sugiarto (Direktur PT Istana Putra Agung), Muchamad Hikmat (Direktur PT Dwifarita Fajarkharisma), Yoseph Ibrahim (Direktur PT KA Manajemen Properti), dan Parjono (VP PT KA Manajemen Properti).

Lalu ada Harno Trimadi (Direktur Prasarana Perkeretaapian), Bernard Hasibuan (PPK BTP Jabagteng), Putu Sumarjaya (Kepala BTP Jabagteng), Achmad Affandi (PPK BPKA Sulsel), Fadliansyah (PPK Perawatan Prasarana Perkertaapian), dan Syntho Pirjani Hutabarat (PPK BTP Jabagbar).

Diketahui, kasus ini terungkap usai KPK melakukan OTT terhadap pejabat DJKA Kemenhub. Ada empat proyek yang diduga dikorupsi hingga mencapai Rp14,5 miliar. Adapun proyek yang dimaksud antara lain:

  1. Proyek Pembangunan Jalur Kereta Api Ganda Solo Balapan – Kadipiro – Kalioso
  2. Empat Proyek konstruksi Jalur Kereta Api dan 2 proyek supervisi di Lampegan Cianjur Jawa Barat
  3. Proyek Perbaikan Perlintasan Sebidang Jawa-Sumatra
  4. Proyek pembangunan jalur kereta api di Makassar Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Tabrakan KA Turangga dan Commuter Bandung, DJKA Kirim Petugas Evakuasi

Baca Juga: KPK Pegang Bukti Dugaan Keterlibatan M Suryo di Kasus DJKA Kemenhub

Baca Juga: Pengusutan Dugaan Korupsi di DJKA Kemenhub Belum Berhenti

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya