Ganjar dan Megawati akan Hadir di Final Liga Kampung Soekarno Cup

PDIP pastikan tak ada unsur politik

Jakarta, IDN Times - PDI Perjuangan akan menggelar babak final turnamen Liga Kampung Soekarno Cup di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, pada Jumat (3/11/2023). Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, calon presiden Ganjar Pranowo, hingga Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud dijadwalkan hadir.

"Pak Ganjar, Pak Arsjad, dan tokoh dari partai pengusung kami undang sebagai pihak-pihak yang ikut bersama merayakan (Piala Dunia) U-17," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta, Kamis (2/11/2023).

Baca Juga: Semarak Pildun U-17 di Surabaya, Ada Turnamen Bola di Kampung-kampung 

1. PDIP pastikan tak ada unsur politik

Ganjar dan Megawati akan Hadir di Final Liga Kampung Soekarno CupKonferensi pers Soekarno Cup (IDN Times/Aryodamar)

Meski begitu, Hasto memastikan tidak ada unsur politik dalam turnamen ini. Sebab, FIFA melarang adanya politik dalam kegiatan itu.

"Jadi, kami taat juga dengan statuta FIFA. Kami enggak ada bendera partai, enggak ada kampanye. Jadi, kampanye enggak ada," kata Hasto.

Baca Juga: Megawati Resmikan Puluhan Kantor DPC PDIP hingga Jalan Soekarno

2. Liga Kampung merupakan cita-cita Bung Karno

Ganjar dan Megawati akan Hadir di Final Liga Kampung Soekarno CupKonferensi pers Soekarno Cup (IDN Times/Aryodamar)

Hasto menyebutkan pelaksanaan Liga Kampung Soekarno Cup dibuat PDIP karena menjadi cita-cita Proklamator RI Soekarno. Tujuannya sebagai sarana membentuk karakter bangsa.

"Itu Bung Karno menghadirkan sepak bola sebagai kultur. Bung Karno menjadikan olahraga sebagai spirit membangun karakter building, olahraga sebagai lambang supremasi, termasuk sepak bola," katanya.

Baca Juga: Ganjar Ngaku Kecewa Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

3. Liga Kampung Soekarno Cup digelar sejak September

Ganjar dan Megawati akan Hadir di Final Liga Kampung Soekarno CupKonferensi pers Soekarno Cup (IDN Times/Aryodamar)

Ketua Taruna Merah Putih (TMP) Hendrar Prihadi atau Hendi menyebutkan Liga Kampung Soekarno Cup sudah dilaksanakan oleh kepala daerah dari PDIP di wilayah masing-masing sejak September 2023. Hendi menyebutkan babak final turnamen Liga Kampung Soekarno Cup akan mempertemukan delapan tim terbaik yang menjadi juara di level regional.

"Kami, mulai September kemarin sudah melakukan, menggulirkan kegiatan sepak bola di tingkat kota atau kabupaten, masing-masing mereka sudah melaksanakan kegiatan liga kampung ini. Kemudian Oktober sudah memasuki putaran provinsi atau regional. Ada delapan wilayah dan hanya satu juaranya. Kemudian dari delapan ini, memasuki semifinal dan final akan ada delapan tim," ujarnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya