Hari Ini, Presiden dan Ibu Negara Salat Idul Adha di Istana Yogyakarta

Salat Idul Adha yang diikuti Jokowi terbuka untuk umum

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dijadwalkan menunaikan salat Idul Adha 1444 Hijriah di halaman Istana Kepresidenan Yogyakarta Kamis, 29 Juni 2023. Presiden akan didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo.

"Bapak Presiden akan salat Idul Adha di halaman depan Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulis, Rabu (28/6/2023) malam.

Baca Juga: Sapi Kurban Jokowi Seharga Rp115 Juta

1. Salat Idul Adha terbuka untuk umum

Hari Ini, Presiden dan Ibu Negara Salat Idul Adha di Istana YogyakartaIlustrasi warga Muhammadiyah di Kota Mataram melaksanakan salat Idul Adha di Halaman Kampus UMMAT pada 2022. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Bey memastikan salat yang akan diikuti Jokowi juga terbuka untuk masyarakat. Salat rencananya dimulai pukul 06.30 WIB.

"Presiden akan salat bersama masyarakat sekitar," ujarnya.

2. Tema khotbah 'Semangat Berkurban dan Ketaatan Nabi Ismail AS'

Hari Ini, Presiden dan Ibu Negara Salat Idul Adha di Istana YogyakartaPresiden Jokowi salat Idul Fitri 1443 H di Istana Kepresidenan Yogyakarta (dok. Sekretariat Presiden)

Pada salat Idul Adha tersebut, Jauhar Mustofa akan bertindak selaku imam sekaligus khatib. Sehari-hari, dia bertugas sebagai Kepala Bidang Urusan Agama Islam di Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta.

Adapun yang menjadi tema khotbah yakni "Semangat Berkurban dan Ketaatan Nabi Ismail AS". Sementara itu, Maulana Hasbulloh akan bertindak sebagai bilal dan memandu kumandang takbir.

Baca Juga: Sapi Kurban Jokowi Melenggang di Karpet Merah Al-Akbar 

3. Jokowi sumbang sapi untuk 38 provinsi

Hari Ini, Presiden dan Ibu Negara Salat Idul Adha di Istana YogyakartaSapi kurban Presiden Jokowi di Masjid Istiqlal berjenis super limosin (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengungkapkan, Presiden Jokowi menyumbangkan sapi untuk 38 provinsi di Indonesia. Sapi kurban yang disumbangkan Jokowi rata-rata memiliki berat 900 kilogram hingga 1,2 ton.

"Jenis sapinya adalah simental, limosin, angus, brahman dan tentunya peranakan ongole dari sapi Bali," ucap Heru Budi.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya