Iduladha Buat Anies Baswedan Teringat Sosok Ayah

Anies sudah terbiasa sembelih hewan kurban sejak SMA

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyembelih hewan kurban miliknya seberat 1,2 ton di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan usai menunaikan salat Iduladha, Minggu (11/8).

Usai menyembelih sapi, Anies bercerita bahwa dia teringat sosok sang ayah yang rutin memotong hewan kurban sendiri saat Iduladha.

"Kalau setiap Iduladha, kambing dari keluarga kami maka saya akan potong sendiri, dulu ayah juga begitu," ujar Anies.

1. Anies sudah biasa menyembelih hewan kurban sejak SMA

Iduladha Buat Anies Baswedan Teringat Sosok AyahIDN Times/Gregorius Aryodamar

Anies menuturkan, pengalaman pertamanya menyembelih hewan kurban terjadi saat kelas dua Sekolah Menengah Atas (SMA). Semenjak saat itu, Anies berikhtiar akan selalu memotong hewan kurban sendiri jika memungkinkan.

"Jadi pengalaman pertama saya ketika SMA kelas dua di Gunung Kidul. Sesudah itu selalu diikhtiarkan kalau secara waktu memungkinkan saya akan potong sendiri, jadi sejak SMA saya potong sendiri," kata Anies.

Baca Juga: Daging Kurban Diolah Chef Hotel, Anies: Manfaatnya Lebih Panjang

2. Pemprov DKI akan salurkan ratusan hewan kurban

Iduladha Buat Anies Baswedan Teringat Sosok AyahIDN Times/Yogi Pasha

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengumpulkan 189 Sapi, 306 kambing dan seekor kerbau dari seluruh jajaran. Anies mengatakan seluruh hewan itu akan dibagikan pada rakyat Jakarta.

"Pemprov DKI dari keseluruhan jajaran telah terkumpul 189 ekor sapi 306 kambing dan satu kerbau yang akan menjadi hewan kurban. Ini semua nantinya akan dibagikan ke seluruh masyarakat Jakarta," ujar Anies usai menunaikan salat Iduladha.

3. Ratusan hewan sakit

Iduladha Buat Anies Baswedan Teringat Sosok AyahIDN Times/Gregorius Aryodamar

Mantan menteri pendidikan kebudayaan RI ini membeberkan bahwa ada ratusan hewan di Jakarta yang sakit jelang disembelih. 

"Ada 202 yang ditemukan sakit. Ada yang sakitnya karena stres perjalanan sekitar 157 ekor, kemudian ada yang matanya ada tanda tidak sehat, juga ada yang tidak cukup umur jumlahnya 345 ekor," jelasnya.

Baca Juga: Bagikan Daging Kurban Matang, Pemprov DKI Gandeng Banyak Chef Hotel

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya