Ini Daftar Aset Tersangka Korupsi Rp104,1 T Surya Darmadi yang Disita

Ada uang triliunan, tanah, hotel, hingga helikopter

Jakarta, IDN Times  - Tim Penyidik Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jam Pidsus) Kejaksaan Agung, telah menyita aset-aset milik Surya Darmadi di PT Duta Palma Group senilai sekitar Rp11,7 triliun. Aset-aset yang disita mulai dari hotel hingga helikopter.

"Untuk sementara, informasi awal yang penyidik dapat, tersita aset sekitar Rp11,7 triliun," ujar Jampidsus, Febrie Andriansyah, dalam konferensi pers, Selasa (30/8/2022).

Baca Juga: 12 Aset Tersangka Korupsi Rp78 T Surya Darmadi Disita, Ada Kebun Sawit

1. Daftar aset Surya Darmadi yang sudah disita

Ini Daftar Aset Tersangka Korupsi Rp104,1 T Surya Darmadi yang DisitaJampidsus Kejaksaan Agung Febrie Andriansyah (IDN Times/Aryodamar)

Febrie menjelaskan, aset tersebut antara lain Hotel Holiday Inn di Bali dan helikopter. Selain itu, ada gedung bernilai tinggi di Jakarta Selatan yang juga sudah disita kejaksaan.

"Ada 40 bidang tanah yang tersebar di Jakarta, Riau, dan Jambi. Ada enam pabrik kelapa sawit di Jambi, Riau, dan Kalbar. Ada enam gedung yang cukup bernilai tinggi di lokasi sekitar Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat sudah kita lakukan penyitaan. Ada tiga apartemen di Jakarta Selatan dan dua hotel di Bali serta satu unit helikopter," jelasnya.

2. Kejagung sudah sita uang terkait Surya Darmadi sekitar Rp5 triliun

Ini Daftar Aset Tersangka Korupsi Rp104,1 T Surya Darmadi yang DisitaTumpukan uang yang disita dalam kasus Surya Darmadi (IDN Times/Aryodamar)

Kejaksaan Agung juga menyita aset terkait Surya Darmadi berupa uang. Hingga artikel ini dimuat, uang yang telah disita terdiri dari mata uang rupiah dan asing.

"Uang yang disita oleh penyidik yang kita serahkan tadi ke rekening penampungan sementara, itu nilainya sekitar Rp5 triliun, seperti yang kita tampilkan ini Rp5  triliun lebih. Kemudian dolar AS ada 11 juta sekian, dolar Singapura ada 646,04," sebutnya.

Baca Juga: Bertambah, Kerugian Negara akibat Tersangka Surya Darmadi Rp104,1 T!

3. Surya Darmadi disebut rugikan negara hingga Rp104,1 triliun, terbesar di Indonesia!

Ini Daftar Aset Tersangka Korupsi Rp104,1 T Surya Darmadi yang Disitailustrasi Surya Darmadi (IDN Times/Aditya Pratama)

Diketahui, Surya Darmadi kini disebut telah merugikan negara hingga Rp104,1 triliun. Untuk kerugian keuangan negara Rp4,9 triliun (dan) perekonomian negara Rp99,2 triliun. Surya sempat jadi buronan Kejaksaan Agung selama 15 hari sebelum akhirnya menyerahkan diri.

Selain sempat jadi buronan Kejagung, Surya Darmadi juga menjadi buruan KPK selama tiga tahun usai lembaga antirasuah itu menetapkan dia sebagai buronan pada 2019. Ia merupakan tersangka kasus pengajuan revisi alih fungsi hutan Provinsi Riau di Kementerian Kehutanan pada 2014.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya