Jokowi Lantik Wagub DKI Jakarta Pendamping Anies Baswedan Besok?

Anies Baswedan akhirnya punya wakil pimpin DKI Jakarta

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra Andyka mengatakan, Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Ahmad Riza Patria akan segera dilantik oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Hal tersebut ia ungkapkan ketika dihubungi wartawan, Selasa (14/4).

"Insyaallah besok di Istana," ujar Andyka.

Baca Juga: Terpilih Jadi Wagub DKI Jakarta, Harta Riza Patria Tembus Rp19 Miliar

1. Undangan pelantikan akan segera disampaikan

Jokowi Lantik Wagub DKI Jakarta Pendamping Anies Baswedan Besok?Riza Patria bersama Anies Baswedan dalam Paripurna Pemilihan Wagub DKI Jakarta(6/4) (Dok. Humas DPRD DKI Jakarta)

Andyka menjelaskan, permintaan pelantikan sudah diajukan sejak pekan lalu. Menurutnya, permintaan sudah disetujui dan sudah disampaikan ke Pemprov DKI Jakarta dan sekretariat DPRD DKI.

"Insyaallah undangannya baru hari ini ya, baru dikirimkan. Tapi informasi secara lisan sudah disampaikan," jelasnya.

Ia mengungkapkan, undangan pelantikan Riza sebagai Wagub DKI Jakarta akan sangat terbatas. Hal itu dilakukan karena pandemik COVID-19 masih belum hilang dari Indonesia.

2. Riza dipilih mayoritas anggota DPRD DKI Jakarta

Jokowi Lantik Wagub DKI Jakarta Pendamping Anies Baswedan Besok?Pemilihan Wagub DKI Jakarta di DPRD (Tangkapan Layar YouTube Pemprov DKI Jakarta)

Riza Patria berhasil terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta setelah mengumpulkan 81 suara dari 100 anggota dewan yang memiliki hak suara. Sementara itu, kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nurmansjah Lubis yang menjadi lawannya, hanya mengumpulkan 17 suara. Usai terpilih, Riza mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada sejumlah pihak.

"Yang pertama terima kasih atas dukungan bantuan, dukungan dari pimpinan Gerindra, Pak Prabowo, semua pimpinan partai dan teman-teman, pimpinan dan anggota DPRD yang telah memberikan dukungan pada saya sehingga saya sebagai calon terpilih hari ini," ucapnya saat itu.

3. Riza Patria merupakan Wakil Ketua Komisi V DPR dengan kekayaan senilai Rp19 miliar

Jokowi Lantik Wagub DKI Jakarta Pendamping Anies Baswedan Besok?IDN Times/Kevin Handoko

Riza Patria merupakan Ketua DPP Gerindra yang juga anggota DPR. Di Senayan, ia tercatat pernah menjadi Wakil Ketua Komisi II DPR pada 2014-2019 dan Wakil Ketua Komisi V DPR periode 2019-2024.

Pada pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012, Riza juga pernah mencalonkan diri sebagai wakil gubernur DKI Jakarta. Saat itu ia maju sebagai calon independen bersama Hendardji Soepandji. Sayangnya, ia kalah di putaran pertama karena hanya meraih 1,98 persen suara.

Dua pasangan yang maju ke putaran kedua adalah Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dan Joko "Jokowi" Widodo-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Jokowi-Ahok kemudian terpilih dengan meraih 53,82 persen suara pada putaran kedua.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Riza tercatat memiliki kekayaan Rp19 miliar. Ia terakhir kali melaporkan hartanya pada 27 Februari 2020 sebagai salah satu syarat menjadi cawagub.

Baca Juga: [BREAKING] Riza Patria Terpilih Dampingi Anies Baswedan Jadi Wagub DKI Jakarta

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya