Comscore Tracker

Jubir Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito Positif Terpapar Virus Corona

Wiku menduga tertular COVID-19 saat kunjungan kerja daerah

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengabarkan bahwa dirinya terpapar virus corona. Menurutnya hal ini akibat dari aktivitas pada dalam dua pekan terakhir. 

“Saya ingin menginformasikan terkait dengan kondisi kesehatan saya. Seperti yang diketahui, dalam beberapa minggu terakhir, saya melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah yang mengalami lonjakan kasus COVID-19 cukup tinggi seperti Kudus dan Bangkalan,” kata Wiku dalam siaran pers, Sabtu (19/6/2021).

1. Wiku terkonfirmasi positif COVID-19 hari ini

Jubir Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito Positif Terpapar Virus CoronaJuru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan situasi penularan COVID-19 di wilayah DKI Jakarta perlu mendapatkan perhatian masyarakat secara luas dalam konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta. Dok. ANTARA News/BNPB

Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan COVID-19 ini menjelaskan bahwa status positif ini diketahuinya setelah melakukan swab tes antigen pada Jumat, 18 Juni 2021. Karena hasil antigen positif, ia mengkonfirmasi lagi melalui PCR dan hasilnya sama. 

“Selanjutnya, untuk mengkonfirmasi hasil swab antigen ini, saya kemudian melakukan swab PCR dan hasilnya saya terima hari ini yaitu positif COVID-19," ungkapnya.

Baca Juga: [UPDATE] Masih Tinggi, 12.906 Kasus COVID-19 Kepung Indonesia Hari Ini

2. Wiku menduga dirinya tertular COVID-19 saat kunjungan kerja di daerah

Jubir Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito Positif Terpapar Virus CoronaKoordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito (Youtube.com/BNPB Indonesia)

Meski terpapar virus corona, ia merasa kondisi fisiknya dalam keadaan baik-baik saja. Wiku meyakini tertular COVID-19 saat melakukan kunjungan ke sejumlah daerah.

“Seperti yang saya sampaikan, saya melakukan perjalanan dinas ke berbagai daerah dengan secara disiplin mematuhi protokol kesehatan. Terdapat kemungkinan saya terpapar saat melakukan kegiatan tersebut saat daya tahan tubuh mengalami penurunan karena kelelahan,” tuturnya.

3. Wiku minta semua yang pernah kontak erat dengannya melakukan tes COVID-19

Jubir Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito Positif Terpapar Virus CoronaJuru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Wiku telah meminta kepada mereka yang memiliki kontak erat dengan dirinya untuk melakukan test antigen sebagai upaya testing dan juga tracing. Hal ini sesuai dengan protokol kesehatan apabila ditemukan kasus positif.

“Saya juga meminta kepada masyarakat untuk secara disiplin mematuhi protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," jelasnya.

Baca Juga: Lockdown Dinilai Bukan Kunci Penanganan COVID-19 di Indonesia

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya