Kapolri Ungkap Potensi Waktu One Way Arus Balik Diperpanjang

Perpanjangan bersifat situasional

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengungkapkan adanya potensi perpanjangan waktu one way pada arus balik Lebaran 2022. Sebab, berdasarkan tinjauan langsungnya di Tol Cikampek Utama (Cikatama) KM 70, Sigit mengungkapkan bahwa volume kendaraan terus mengalami peningkatan hingga saat ini.

Menurut Sigit, berdasarkan laporan, diprediksi malam ini jumlah kendaraan yang melintas akan mencapai angka 160 ribu per jamnya, dan akan terus meningkat sampai dengan esok hari.

"Tentunya angka-angka ini menjadi perhatian kita. Kemudian di Kalikangkung kita lihat juga terjadi peningkatan khusus mulai dari jam 15.00, 16.00, 17.00 WIB, angkanya terus naik di atas 5.000. Sehingga kecenderungan akan berdampak enam atau tujuh jam kemudian di wilayah Cikatama," ujar Listyo dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/5/2022).

"Oleh karena itu, terkait evaluasi terhadap fluktuasi kenaikan angka-angka tersebut terus kita lakukan bersama," tambah dia. 

1. Perpanjangan waktu dan ruas one way diperpanjang jika volume kendaraan meningkat

Kapolri Ungkap Potensi Waktu One Way Arus Balik DiperpanjangKapolri Jendral Pol Listyo Sigit memimpin upacara serah terima jabatan tujuh Kapolda di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (29/12/2021). (dok. Humas Polri)

Sigit mengatakan, skema one way berpotensi diperpanjang baik dari waktu dan ruas jalannya. Sebab, volume kendaraan terus meningkat.

"Maka, ada kemungkinan akan dilakukan perpanjangan waktu one way. Nanti secara detail dan teknis akan disampaikan Kakorlantas. Karena memang dari angka-angka yang ada one way harus kita tambahkan waktunya," ujar dia. 

"Kemudian, khusus untuk one way sampai di KM 28 atau Sampai di KM 3.500 Halim tentunya akan kita lihat, kita sesuaikan dengan kondisi dilapangan," sambung dia. 

Baca Juga: Polri: 2.945 Kecelakaan Terjadi Selama Mudik Lebaran 2022

2. Perpanjangan bersifat situasional

Kapolri Ungkap Potensi Waktu One Way Arus Balik DiperpanjangKapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo. (dok. Humas Polri)

Meski begitu, Sigit menekankan, hal itu akan dilakukan dengan memperhatikan situasi dan kondisi yang terjadi setiap waktunya. Sehingga, waktu atau perpanjangan ruas tetap melihat dinamika arus lalu lintas yang berkembang di lapangan.

"Namun, perkembangannya tentu akan disesuaikan dengan tingkat kepadatan arus balik yang akan kita hadapi malam hari ini dan besok. Jadi beberapa hal yang tentunya menjadi perhatian Kepolisian dan Jasa Marga untuk memantau, kemudian melakukan langkah-langkah koordinasi di lapangan untuk  mengevaluasi sekaligus penyesuaian perpanjangan waktu one way," kata mantan Kapolda Banten ini.

3. Masyarakat diminta pantau perkembangan terbaru dari media massa dan sosial

Kapolri Ungkap Potensi Waktu One Way Arus Balik DiperpanjangKapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo. (dok. Humas Polri)

Mantan Kabareskrim ini mengimbau masyarakat untuk terus memperbarui informasi terkini soal kebijakan strategi rekayasa lalu lintas yang diterapkan oleh kepolisian untuk mencegah kepadatan serta mengurai kemacetan.

Ia telah meminta kepada seluruh jajarannya untuk terus menyalurkan informasi terbaru soal penanganan arus balik Lebaran kepada masyarakat melalui media sosial ataupun media massa.

"Kita terus informasikan kepada masyarakat khususnya pengguna jalan. Sehingga informasi ini bisa sampai lebih awal dan juga tentunya bisa dipergunakan oleh masyarakat yang akan melaksanakan balik ke Jakarta atau sebaliknya dari Jakarta ke Jawa Tengah. Kemudian bisa menyesuaikan dengan informasi-informasi yang disampaikan," ujar Sigit.

Baca Juga: Polri Klaim Kecelakaan Mudik Lebaran 2022 Menurun 1 Persen 

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya