Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono Juga Dipanggil KPK Besok

Wahono Saputro juga diperiksa KPK besok

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga akan memanggil Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono besok, Selasa, 14 Maret 2023. Adhi akan dimintai klarifikasi soal LHKPN yang ia laporkan pada KPK.

"Benar, KPK telah mengirimkan surat undangan," kata Plt Juru Bicara KPK bidang Pencegahan Ipi Maryati, Senin (13/3/2023).

Baca Juga: Bea Cukai Makassar Tak Terpengaruh Pemeriksaan Andhi Pramono

1. Andhi Pramono diperiksa jam 09.00 WIB

Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono Juga Dipanggil KPK BesokPlt Juru Bicara KPK Ipi Maryati Kuding saat Konferensi pers Hakordia 2021. (dok. Humas KPK)

Ia dipanggil bersama Kepala Kantor Pajak Madya Jakarta Timur Wahono Saputro. Wahono disebut KPK terkait dengan eks pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo.

"Pemeriksaan pukul 09.00 WIB di Gedung Merah Putih KPK," jelas Ipi.

2. Kekayaan Andhi Pramono disorot publik

Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono Juga Dipanggil KPK BesokKepala Bea Cukai Makassar Andhi Purnomo (tengah) disoroti soal aset rumah mewah yang diduga miliknya. (Dok. Bea Cukai Makassar)

Andhi Pramono sempat viral di media sosial. Dalam sebuah video yang beredar, Andhi sdisebut memiliki rumah mewah di kawasan CIbubur. Berdasarkan LHKPN terakhirnya, Adhi tercatat punya kekayaan Rp13,7 miliar. Kekayaannya terdiri dari berbagai sumber.

Ia tercatat punya 15 tanah dan bangunan yang tersebar di berbagai daerah. Nilainya mencapai Rp6,9 miliar.

Selain itu, Andhi tercatat punya 13 kendaraan sehara Rp1,8 miliar. Ia punya surat berharga senilai Rp2,9 miliar, kas dan setara kas dengan nilai Rp1,2 miliar, serta harta bergerak lainnya Rp706 juta.

3. Wahono Saputro disebut berkaitan dengan Rafael Alun

Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono Juga Dipanggil KPK BesokMantan Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan II Rafael Alun Trisambodo menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (1/3/2023). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Sementara, Wahono Saputro dipanggil karena disebut terkait dengan Rafael Alun. Istri Rafael, Erni Torondek dan istri Wahono disebut memiliki saham di perusahaan yang sama.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan menyebut saham perusahaan yang dimiliki Erni dan istri Wahono bergerak di bidang properti. Perusahaan itu disebut ada di Minahasa Utara, Sulawaesi Utara.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan tahun 2022 untuk periodik 2021, Wahono memiliki kekayaan senilai Rp14,3 miliar.

Ia tercatat memiliki lima bidang tanah dan bangunan dan lima bidang tanah. Jumlahnya bernilai Rp12,6 miliar. Wahono melaporkan bahwa dirinya punya tiga mobil senilai Rp930 juta. Mobilnya antara lain Honda CRV, Honda HRV, dan Toyota Camry.

Tak hanya itu, Wahono tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp252 juta, kemudian surat berharga Rp288 juta, serta kas dan setara Rp1,6 miliar. Namun, ia punya utang Rp1,5 miliar.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya