Ketua KPK Firli Bahuri: Ingat, Dosa Korupsi Dunia-Akhirat!

Firli Bahuri sebut korupsi merupakan kejahatan kemanusiaan

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengingatkan semua pihak agar menghindari korupsi. Sebab, hal itu berdosa.

"Ingat, dosa korupsi dunia-akhirat, bukan hanya bagi pelakunya, namun bagi siapa saja yang ikut turut serta menjadi bagian atau makan uang kejahatan korupsi," ujar Firli Bahuri dalam keterangan tertulis, Jumat (30/6/2023).

1. Firli Bahuri sebut korupsi punya dampak destruktif

Ketua KPK Firli Bahuri: Ingat, Dosa Korupsi Dunia-Akhirat!Ketua KPK Firli Bahuri (dok. Humas KPK)

Firli menilai korupsi memiliki dampak destruktif pada seluruh tatanan kehidupan manusia. Ia mengakui korupsi merupakan kejahatan yang sangat hebat.

"Harus diakui, kejahatan sangat hebat karena dapat dilakukan secara sistimatik, terstruktur dengan dampak sistemik," ujarnya.

Baca Juga: Kapolda Metro Buka Peluang Periksa Firli di Kasus Kebocoran Data ESDM

2. Firli Bahuri sebut pelaku korupsi cenderung kreatif

Ketua KPK Firli Bahuri: Ingat, Dosa Korupsi Dunia-Akhirat!Ketua KPK Firli Bahuri (dok. Humas KPK)

Pensiunan Polri itu menyebut pelaku korupsi cenderuung kreatif agar kejahatannya tidak mudah terungkap. Hal ini didukung sejumlah data yang empiris.

"Dari penelitian dan data empiris menyebutkan korupsi terbukti dapat menciptakan fantasi, mendorong kreativitas calon-calon koruptor untuk beradaptasi, berinovasi, dan memodifikasi modus-modus baru kejahatan korupsi, agar tidak terungkap apalagi tertangkap saat mereka beraksi," ujarnya.

3. Korupsi juga termasuk kejahatan kemanusiaan

Ketua KPK Firli Bahuri: Ingat, Dosa Korupsi Dunia-Akhirat!Ketua KPK Firli Bahuri (IDN Times/Aryodamar)

Selain itu, dia menilai korupsi bukan cuma kejahatan yang merugikan negara. Menurutnya korupsi juga termasuk kejahatan kemanusiaan.

"Korupsi bukan hanya kejahatan yang merugikan keuangan dan perekonomian negara, tapi juga termasuk kejahatan kemanusiaan dunia karena telah masuk sampai fase berjejaring," ujar Firli.

Baca Juga: Dewas KPK: Dugaan Pembocoran Dokumen oleh Firli Bahuri Tak Cukup Bukti

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya