Comscore Tracker

Ketua KPK: Sosok Santri Diharapkan Bisa Lawan Korupsi di Indonesia 

Firli sebut santri adalah panutan

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, menilai kepribadian santri yang sederhana, santun, berintegritas, menjunjung tinggi nilai-nilai ketuhanan, moral, etika dan kejujuran diharapkan bisa menjadi bekal untuk melawan korupsi. Hal tersebut ia sampaikan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional pada Jumat (22/10/2021).

"Saya tekankan, negeri ini membutuhkan anak-anak bangsa yang memiliki jiwa, raga, semangat fisabilillah dan roh seorang santri dalam Perang Badar melawan korupsi dan perilaku koruptif di negeri ini," ujar Firli.

1. Firli sebut agama apapun tak benarkan korupsi

Ketua KPK: Sosok Santri Diharapkan Bisa Lawan Korupsi di Indonesia Ketua KPK Firli Bahuri (dok. Humas KPK)

Firli mengatakan bahwa perilaku korupsi di Indonesia sudah membudaya sejak zaman kolonialisme. Menurutnya, korupsi juga telah lama menjajah Indonesia dan merugikan seluruh tatanan kehidupan.

"Islam dan semua agama serta aliran kepercayaan apapun di republik ini tentunya tidak membenarkan korupsi, apalagi mengajarkan perilaku koruptif kepada umatnya. Yang pasti, kejahatan kemanusiaan ini bukan hanya harus dihindari, namun wajib diperangi," ujar Firli.

Baca Juga: Hari Santri Nasional, 6 Film yang Gambarkan Kehidupan di Pesantren

2. Firli Bahuri sebut santri sebagai panutan

Ketua KPK: Sosok Santri Diharapkan Bisa Lawan Korupsi di Indonesia Ilustrasi santri di pondok pesantren. ANTARA FOTO/Fauzan

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat ini menilai, Hari Santri Nasional bisa dijadikan momentum memperbaiki pribadi untuk menghapus budaya korupsi yang telah diwariskan sejak zaman kolonialisme. Menurutnya, santri bisa dijadika panutan bagi penerus bangsa.

"Tidak berlebihan jika saya katakan santri merupakan role model atau teladan nyata yang baik bagi kita semua khususnya generasi penerus masa depan bangsa dalam menjaga, mengawal, dan menentukan arah langkah serta tujuan negara mewujudkan kesejahteraan, kemakmuran dan keadilan dalam kehidupan berbangsa serta bernegara yang cerdas bagi segenap bangsa," ujar Firli.

3. Firli Bahuri sebut peran santri tetap diperlukan meski sudah merdeka

Ketua KPK: Sosok Santri Diharapkan Bisa Lawan Korupsi di Indonesia ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Firli mengatakan, peran santri di Indonesia tetap diperlukan meski Indonesia sudah merdeka. Sebab, ia yakin santri bisa menjadi motor penggerak perubahan bangsa.

"Setelah kemerdekaan dapat direngkuh, peran serta santri sebagai motor pergerakan dan kemajuan bangsa tetap dibutuhkan untuk menjaga serta mengakselerasi tercapainya cita-cita dan tujuan didirikannya republik ini," ujarnya.

Baca Juga: Jelang HSN 2021, Ipong: Santri Harus Masuk Politik

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya